35 Anak Ikuti Ujian Naik Tingkat Inkado Tanah Datar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 3 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.380 260 27.665 651
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

35 Anak Ikuti Ujian Naik Tingkat Inkado Tanah Datar

Selasa, 29 Desember 2020 | 14:30 WIB Last Updated 2020-12-29T20:21:36Z

mjnews.id - Indonesia Karate-Do (Inkado) Tanah Datar menggelar ujian kenaikan tingkat di Nagari Cubadak, Kecamatan Limo Kaum. Ada 35 anak yang masih menekuni pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) yang ambil bagian dalam ujian tersebut.


Ketua Harian Inkado Tanah Datar, Mustafa Akmal Dt. Sidi Ali, Senin (28/12/2020) menjelaskan, kegiatan dibuka Ketua Inkado Sumatera Barat Wahyu Iramana Putra, Minggu (27/12/2020), dan turut dihadiri Ketua KSH Alfira, Dewan Guru Jasman, Sesepuh Inkado Amrius, Kabid Olahraga Dinas Parpora Tanah Datar, Jimmi, dan salah seorang pengurus, Irman. 


"Kami terus mendorong anak-anak kita agar giat berlatih, sehingga dapat dengan sukses menyelesaikan ujian kenaikan tingkat ini. Latihan dipusatkan di belakang kantor walinagari Cubadak. Dukungan dari pemerintahan nagari ini amat besar artinya bagi kesuksesan latihan. Untuk itu, pada kesempatan ini kami sampaikan terima kasih," kata Mustafa.


Dikatakan, dengan adanya kenaikan tingkat itu, di masa mendatang diharap akan terbina para karateka tangguh, sehingga dapat pula meraih prestasi gemilang, baik tingkat Tanah Datar maupun provinsi dan nasional.


Walinagari Cubadak, Asrizallis dan pelatih Roni Saputra, pada kesempatan itu juga menyatakan, mereka siap memberi dukungan untuk memajukan kegiatan karate di Luak Nan Tuo. "Kami memiliki komitmen untuk mendorong anak-anak kita agar terus berlatih dan mengasah kemampuan," ucapnya.


Wahyu dalam sambutannya menyatakan, seiring dengan posisi Tanah Datar sebagai kabupaten tahfidz, pihaknya mendorong agar prosesi kenaikan tingkat Inkado di masa mendatang, bisa diseiringkan pula dengan agenda kegiatan tahfidz. Artinya, kata dia, bisa saja dikaitkan dengan jumlah hafalan Alquran anak disesuaikan dengan tingkat sabuknya.


Menurut Wahyu, tidak ada salahnya anak-anak karate Inkado memiliki jumlah hafalan tertentu. "Semakin tinggi tingkatan sabuknya, semakin banyak pula hafalan Alqurannya," kata dia. 


Selain itu, kata dia, dalam upaya memotivasi anak-anak inkado untuk berprestasi, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin mengikuti beragam kegiatan kejuaraan, sekaligus meningkatkan prestasi melalui liga karate yang dilaksanakan secara berkala, termasuk menjadi peserta di Porprov Sumbar.


Mewakili pemerintah daerah, Jimmi pada kesempatan itu mengatakan, apa yang dilakukan Inkado dalam meningkatkan prestasi, mendapat dukungan penuh dari Pemkab Tanah Datar, karena selain berefek positif terhadap pembinaan generasi muda, kegiatan itu juga dapat mengharumkan nama Tanah Datar. "Pemerintah daerah merespon positif kegiatan Inkado ini. Rajinlah berlatih, sehingga nanti dapat meraih prestasi gemilang. Jangan pula lupa, disiplin menjadi kata kunci dalam berlatih," katanya.


(mus)

×
Berita Terbaru Update