Asyik! Penerimaan untuk Formasi Guru, 1 Juta Lowongan PPPK Dibuka pada 2021

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 24 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.837 214 27.119 642
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Asyik! Penerimaan untuk Formasi Guru, 1 Juta Lowongan PPPK Dibuka pada 2021

Rabu, 30 Desember 2020 | 09:00 WIB Last Updated 2020-12-30T02:00:10Z
Tjahjo Kumolo.

mjnews.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan tahun depan pemerintah akan membuka lowongan 1 juta lebih pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Jumlah sebanyak itu untuk formasi guru. 


Tjahjo menilai hingga kini pemerintah masih kekurangan tenaga pengajar. “Kita ada 4,2 juta (ASN). Tahun depan akan tambah lagi 1 juta untuk pegawai PPPK untuk guru. Karena kita masih kurang guru,” ujar Tjahjo dalam acara Wakaf ASN Kemenag yang disiarkan virtual melalui YouTube, dikutip Selasa (29/12/2020).


Kemudian ada juga 260 ribu lowongan PPPK untuk tenaga kesehatan. Mulai dari dokter, perawat, hingga bidan.


Tjahjo juga menyebut ada juga pembukaan lowongan PPPK untuk tenaga penyuluh. Jumlahnya ada 100 ribu posisi.


“Lalu, 260 ribuan mulai dokter, perawat, dan bidan, dan 100 ribuan tenaga penyuluh. Mudah mudahan lewat perencanaan rekrutmen ini bisa sesuai berapa ASN (PPPK) yang kita butuhkan,” ungkap Tjahjo seperti dikutip detikFinance.


Tunjangan Rp4 Juta

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan fasilitas yang bakal diterima guru honorer yang lolos menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Rekrutmen sendiri bakal dibuka 2021.


“Nanti kalau para guru honorer yang sudah diterima dan menjadi guru PPPK maka mereka akan mendapatkan gaji sebagai ASN (aparatur sipil negara),” katanya yang disiarkan di saluran YouTube Kemendikbud RI, Senin (23/11) lalu.


Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga menjelaskan para guru honorer yang diangkat menjadi PPPK akan mendapatkan tunjangan.


“Tunjangan kinerja dan sejenisnya untuk guru termasuk yang dalam hal ini sebesar Rp 4.060.490 bagi guru yang menikah dan memiliki 2 anak dari sisi total tunjangan kinerjanya,” sebutnya.


Pemerintah tahun depan membuka kuota guru PPPK sebanyak 1 juta. Hal itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru.


“Karena memang tadi seperti yang disampaikan oleh para guru honorer tadi, gaji dan tunjangan dari status non PNS atau honorer menjadi guru yang statusnya ASN atau PPPK memang berbeda. Kami tentu terus berusaha untuk mendukung langkah-langkah perbaikan kesejahteraan guru, dengan tetap menjaga kualitas dari para guru tersebut,” tambahnya.


(dtc)

×
Berita Terbaru Update