Harapkan Bantuan Donatur, PontrenMu Kauman Akan Bangun Asrama Putra Senilai Rp 13 Miliar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 27 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.098 219 27.419 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Harapkan Bantuan Donatur, PontrenMu Kauman Akan Bangun Asrama Putra Senilai Rp 13 Miliar

Rabu, 30 Desember 2020 | 14:05 WIB Last Updated 2020-12-30T07:05:00Z
Mudir PontrenMu Kauman Padang Panjang, Derliana dan ketua panitia Milad ke-91, Taufik Hidayat. (ist)

mjnews.id - Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang akan membangun asrama putra nan megah di komplek Kauman, persisnya di belakang kampus FKIP UMSB. Asrama itu diperkirakan akan menelan biaya hingga Rp13 miliar.


"Proses pembangunan asrama putra ini sudah dimulai dengan pembenahan lokasi. Insya Allah peletakan batu pertama akan digelar saat perayaan Milad PontrenMu ke-91, 2 Januari 2021 mendatang," kata Mudir PontrenMu, Derliana, Selasa (29/12/2020).


Derliana yang didampingi ketua panitia milad, Taufik Hidayat menyebutkan, peletakan batu pertama rencananya akan dilakukan oleh anggota DPR-RI asal Sumbar, H. Muhammad Asli Chaidir. Sebelumnya tim IT PontrenMu akan menampilkan video profil asrama tersebut.


Saat ini, kata Derliana, anggaran yang ada baru Rp500 juta. Meski terbilang masih sangat kecil, namun pihaknya telah berkomitmen untuk memulai pembangunan. Proses pembangunan akan dipimpin tokoh Muhammadiyah yang juga CEO Hidayah Grup, H. Ali Usman Syuib.


"Untuk merealisasikan program besar ini, kami berharap sumbangan dari para donatur. Selain diantar langsung ke Kauman, sumbangan juga bisa disalurkan melalui rekening MA Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah di BRI dengan nomor : 0231.01011240.509," ujarnya.


Bukan hanya untuk putra, PontrenMu juga tengah mengupayakan asrama yang representatif bagi putri. Hanya saja, asrama putri tidak dibangun baru, melainkan akan membeli gedung yang saat ini disewa untuk asrama putri.


"Saat ini asrama putri kita sewa sebuah gedung di Koto Katik. Pemilik ingin menjualnya, kebetulan harganya cocok, maka kita memutuskan membelinya. Harganya Rp5 miliar, tapi uangnya belum ada. Ini yang tengah kita carikan solusinya," kata Derliana.


Webinar Kewirausahaan

Taufik Hidayat mengatakan, selain peletakan batu pertama asrama putra, saat milad nanti juga akan digelar webinar kewirausahaan. Kegiatan itu akan menghadirkan dua narasumber, Hj. Nurhayati Subakat (Owner Wardah Cosmetik) dan H. Anwar Abbas (Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah).


"Insya Allah milad ke-91 juga akan dihadiri Walikota Padang Panjang, Kakanwil Kemenag Sumbar dan pejabat lainnya. Dalam milad nanti akan ditayangkan testimoni alumni yang kuliah di luar negeri, seperti Mesir, Sudan, Yaman dan Malaysia," tuturnya.


Pada tahun 2020 ini PontrenMu Kauman berhasil meloloskan 8 orang lulusannya kuliah di Timur Tengah. Empat orang lolos di Mesir, yakni M. Aslam Islami, Melinda Raswari, Maulana Ainul Yaqin dan M. Rabbani. Tiga orang lolos di Sudan, yakni Miftahul Jannah, Razaq Hamam Alamsyah dan Aldo Ghifari. Sementara satu orang lolos di Yaman, yakni Satria Septiawan.


"Ini merupakan rekor terbanyak lulusan PontrenMu Kauman Padang Panjang diterima kuliah di Timur Tengah. Mudah-mudahan tahun berikutnya jumlahnya bertambah. Kita siapkan mereka melalui Jurusan ITT (Intensif Timur Tengah)," kata Derliana.


Pada tahun ini, kata Derliana, seharusnya ada pula delapan lulusan PontrenMu yang kuliah di Malaysia, namun batal karena Covid-19. "Karena alasan Covid-19, pihak Malaysia yang membatalkan. Semoga Covid-19 ini bisa segera berakhir, supaya tahun depan tidak ada halangan lagi," harapnya.


(jas/son)

×
Berita Terbaru Update