Harga Cabai di Solok Selatan Naik

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 6 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.646 247 27.982 654
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Harga Cabai di Solok Selatan Naik

Selasa, 29 Desember 2020 | 04:02 WIB Last Updated 2020-12-28T21:02:00Z

mjnews.id - Harga cabai merah terus mengalami kenaikan bahkan hampir setiap minggu selama Desember 2020 di Kabupaten Solok Selatan.


Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Selatan Budiman melalui Kepala Seksi Perlindungan Konsumen May Rizki di Padang Aro, Senin (28/12/2020), mengatakan, pada awal Desember harga cabai merah Rp45 ribu perkilogram dan pada pertengahan Desember naik menjadi Rp50 ribu perkilogram dan sekarang mencapai Rp55 ribu perkilogramnya.


"Berdasarkan laporan dari pengelola pasar pasokan cabai merah dari luar daerah kurang atau tidak ada sehingga komoditas yang ada di pasaran hanya hasil produksi wilayah sekitar sehingga harganya terus naik," ujarnya.


Dia mengatakan, untuk saat ini Pemerintah Daerah masih memantau perkembangan pasar terkait harga cabai merah.


Untuk upaya lanjutan seperti operasi pasar katanya, belum ada sebab harganya masih terjangkau dan terus memantau perkembangan pasar.


Cabai merah di Solok Selatan katanya, selain diisi oleh hasil panen dari petani lokal juga disuplai dari Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi sertai pasokan pulau jawa atau yang biasa disebut warga sebagai cabai kotak.


Selain cabai harga kebutuhan pokok lainnya yang juga mengalami kenaikan harga yaitu beras dimana pada pertengahan Desember untuk kualitas terbaik dari Rp19 ribu pergantang (1,6 kilogram) menjadi Rp20 ribu pergantang.


Seterusnya harga tomat juga naik dari Rp7 ribu menjadi Rp8 ribu dan Wortel dari Rp6 ribu menjadi Rp8 ribu perkilogram.


Sedangkan bawang merah harganya malah turun dari Rp25 ribu perkilogram menjadi Rp24 ribu perkilogramnya.


"Untuk kebutuhan lainnya sampai saat ini masih stabil," ujarnya.


Seorang ibu rumah tangga Fitra (40) mengatakan, khsus cabai merah memang naik cukup signifikan bahkan ada pedagang yang menjual Rp60 ribu perkilogram.


"Kalau harga cabai merah naik biasanya kami mengakali dengan mengurangi dalam membeli seperti yang biasanya satu kilo sekarang hanya setengah kilogram," ujarnya.


(*/ems)

×
Berita Terbaru Update