Kata Wapres, Program Kartu Prakerja Lanjut ke 2021

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 27 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.098 219 27.419 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Kata Wapres, Program Kartu Prakerja Lanjut ke 2021

Senin, 28 Desember 2020 | 19:35 WIB Last Updated 2020-12-28T20:46:56Z
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

mjnews.id - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan program Kartu Prakerja akan diperpanjang ke tahun depan atau 2021. Hal itu diungkapkannya saat melakukan webinar bersama para peserta Kartu Prakerja.


Dia mengatakan saat ini prakerja telah mencapai target kepesertaan hingga 100% atau sekitar 5,6 juta orang peserta. Di sisi lain, Ma’ruf Amin mengaku mendapatkan kabar pendaftar Kartu Prakerja mencapai puluhan juta.


Melihat hal tersebut dia mengungkapkan pemerintah akan memperpanjang program Kartu Prakerja ke tahun 2021 agar lebih banyak peserta yang bisa dijaring.


“Program ini sudah mencapai target kepesertaan 100% atau kurang lebih 5,6 juta orang. Tapi, saya dengar yang daftar itu ada 43 juta orang, cukup besar sekali, maka dari itu kami dari pemerintah memutuskan insyaallah melanjutkan kegiatan ini di 2021. Insyaallah,” kata Ma’ruf Amin dalam webinar yang diadakan PMO Kartu Prakerja, Senin (28/12/2020).


Ma’ruf Amin juga berharap agar para peserta yang sudah masuk dalam program ini mampu meningkatkan keterampilan ataupun membuka usaha baru.


Sementara itu, dia juga mengatakan program Kartu Prakerja pun bisa mendorong daya beli masyarakat di tengah pandemi Corona karena memiliki komponen insentif bagi para pesertanya. “Harapannya di situasi pandemi ini para pekerja bisa meningkat ketrampilan dan membuka usaha baru. Kartu prakerja juga memiliki komponen insentif untuk mendorong daya beli di tengah pandemi,” ujar Ma’ruf Amin seperti dikutip detikFinance.


Dalam webinar itu pun, Maruf Amin mendapatkan cerita-cerita sukses dari para alumni Kartu Prakerja. Kepada mereka dia berpesan agar cerita sukses itu bisa menular ke orang lain. “Saya harap kisah sukses peserta yang saya dengar hari ini, bisa menular. Kalau bisa informasikan juga ke rekan pekerja lainnya bagaimana agar berhasil, sehingga cakupan Prakerja ini bisa lebih luas lagi,” kata Ma’ruf Amin.


Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengungkapkan bahwa program Kartu Prakerja akan menjadi salah satu program pemulihan ekonomi yang diteruskan di tahun 2021. 


“Beberapa program pemulihan ekonomi apakah terkait program KUR atau subsidi lainnya akan dilanjutkan di kuartal I 2021. Support daya beli tetap dilakukan di 2021, subsidi KUR dan kartu Prakerja. Ini akan berikan nafas buat masyarakat menjaga daya beli yang ada,” ujar Airlangga dalam konferensi pers BNPB, Senin (9/11) lalu.


(dtc)

×
Berita Terbaru Update