LHP SPBE Diserahkan, Pemko Payakumbuh Segera Selesaikan Rekomendasi BPK RI

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 24 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.837 214 27.119 642
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

LHP SPBE Diserahkan, Pemko Payakumbuh Segera Selesaikan Rekomendasi BPK RI

Rabu, 30 Desember 2020 | 08:02 WIB Last Updated 2020-12-30T01:02:03Z
Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas efektivitas pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dari BPK-RI.

mjnews.id - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas efektivitas pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada Wakil Walikota Payakumbuh dan Ketua DPRD Kota Payakumbuh secara virtual, di aula Randang Balaikota Payakumbuh, Selasa (29/12/2020).


Dalam penyerahan itu, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, didampingi Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Inspektur Kota Payakumbuh Andri Narwan, Kepala Badan Keuangan Daerah Syafwal, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Dasril beserta jajaran.


Kepala BPK-RI Perwakilan Sumbar, Yusnadewi mengharapkan supaya pengembangan SPBE ini nantinya dilakukan secara terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan dari pengguna dengan mengefisienkan dan mengefektifkan apa kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.


"Untuk Kota Payakumbuh semua capaian-capaian positif dan hal-hal yang sudah dilakukan dalam pengembangan SPBE ini dan telah menjadi inovasi sangat kita hargai, cuma ada beberapa rekomendasi yang harus segera ditindak lanjuti terkait hal tersebut," ujarnya.


Menurutnya, dengan adanya rekomendasi tersebut diingatkan kembali kepada seluruh pejabat pemerintah kabupaten/kota untuk benar-benar memperhatikan dan menyelesaikan rekomendasi BPK atas hasil pemeriksaan BPK sebelumnya. Berdasarkan catatan persentase tindak lanjut dari pemeriksaan BPK dalam lima tahun terakhir, secara keseluruhan baru mencapai 75,63 persen dari target 85 persen.


"Untuk Kota Payakumbuh sendiri dalam menyelesaikan rekomendasi cukup responsif dan bagus, kami sangat menghargai itu," tambahnya.


Menindak lanjuti hal tersebut, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, mengatakan, akan segera menyelesaikan semua rekomendasi yang disampaikan oleh kepala BPK-RI perwakilan Sumbar tersebut.


"Karena waktu yang diberikan hanya 60 hari, jadi kita akan segera selesaikan semua rekomendasi tersebut secepat mungkin," ucapnya.


Erwin menyebut, untuk pengelolaan SPBE sendiri pihak Pemko Payakumbuh telah melakukan berbagai inovasi agar efektivitasnya berjalan sebaik mungkin supaya selaras dan terintegrasi sesuai dengan arahan BPK-RI.


"Kita telah jalankan sesuai arahan pusat, kedepannya kita akan melakukannya lebih baik lagi. Mudah-mudahan semua usaha yang kita lakukan ini, membuahkan hasil yang baik juga," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, secara terpisah, mengatakan, DPRD Kota Payakumbuh akan selalu mengawasi dan memberikan dukungan penuh kepada Pemko untuk mengefektivkan pengelolaan SPBE Payakumbuh.


"Kami akan selalu mendukung baik itu dari segi pengawasan ataupun peganggaran untuk pelaksanaan kedepannya. Dan ini akan menjadi perhatian bagi kita untuk mendukung semua kebijakan yang terbaik untuk Kota Payakumbuh," pungkasnya.


(fik)

×
Berita Terbaru Update