Lowongan CPNS 2021 Dibuka Setelah Mei

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 27 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.098 219 27.419 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Lowongan CPNS 2021 Dibuka Setelah Mei

Senin, 28 Desember 2020 | 20:32 WIB Last Updated 2020-12-28T20:44:33Z
Teguh Widjinarko.

mjnews.id - Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021. Hal itu diputuskan untuk mengakomodir target pencapaian pembangunan nasional.


Meski belum menetapkan waktu yang pasti, lowongan CPNS 2021 sangat dinantikan masyarakat. Sebab, pada 2020 tidak ada lowongan CPNS karena terjadi pandemi Covid-19.


Berikut fakta-fakta lowongan CPNS 2021:


1. Dibuka Setelah Mei

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyebut pendaftaran lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021 dibuka setelah bulan Mei tahun depan.


Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB, Teguh Widjinarko saat dihubungi detikcom, Senin (28/12). Teguh bilang, untuk tanggal pasti pembukaannya belum ditetapkan.


“Dibuka kira-kira setelah bulan Mei tahun 2021, waktu tepatnya belum ditentukan,” kata Teguh seperti dikutip detikcom.


2. Alasan Dibuka Setelah Mei

Teguh mengatakan saat ini Kementerian PAN-RB sedang menghimpun data kebutuhan CPNS dari masing-masing instansi baik pusat maupun daerah. “Saat ini kita masih menghimpun data kebutuhan dari masing-masing instansi (pusat dan daerah),” kata Teguh.


Dia menjelaskan, penghimpunan data dilakukan untuk mengetahui usulan yang datang dari para kementerian dan lembaga (K/L) atas dasar keinginan atau kebutuhan.


“Usulan yang masuk harus kita verifikasi karena seringkali terjadi usulan yang masuk adalah atas dasar keinginan, bukan atas dasar kebutuhan nyata. Nanti setelah proses ini selesai dan ada pertimbangan Menkeu dan BKN, barulah bisa kita tetapkan,” jelasnya.


3. Formasi Prioritas

Teguh mengungkapkan formasi prioritas yang ditetapkan pemerintah pada CPNS 2021 adalah di bidang kesehatan, pendidikan, dan teknis yang dibutuhkan untuk upaya pencapaian sasaran pembangunan baik secara nasional maupun daerah.


Di bidang kesehatan, Teguh menjelaskan saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19 sehingga penguatan bidang kesehatan harus dilakukan. Sementara di bidang pendidikan sesuai dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin yang ingin mengembangkan sumber daya manusia (SDM).


Sedangkan bidang teknis lainnya, Teguh mengungkapkan dalam CPNS 2021 kebutuhan akan tenaga IT menjadi semakin tinggi sesuai dengan penerapan layanan pemerintahan yang berbasis elektronik atau online.


“Contoh lainnya adalah kebutuhan di sektor ekonomi kreatif, pariwisata, yang di masa mendatang menjadi sektor unggulan, dan lainnya. Tergantung dari kebutuhan sektor-sektor,” ungkapnya. 


Orientasi CPNS 2019

Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta kepada seluruh calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 untuk mematuhi seluruh ketentuan yang berlaku selama proses pembekalan serta orientasi.


Pelaksana tugas (Plt) Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono mengatakan pembekalan serta orientasi CPNS 2019 berlangsung pada tanggal 7 dan 8 Januari 2021. “Ya setiap CPNS/PNS harus patuh terhadap aturan kepegawaian,” kata Paryono di Jakarta, Senin (28/12/2020).


Dia mencontohkan seperti pelaksanaan pembekalan serta orientasi di lingkungan BKN wajib hadir di kantor pusat BKN untuk mengikuti pembekalan dan orientasi dengan sebelumnya mengikuti pemeriksaan penyaringan (screening) COVID-19 swab antigen pada Senin, 4 Januari 2021. Para CPNS formasi 2019 harus membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Setelah melakukan serangkaian screening COVID-19, para CPNS BKN formasi 2019 wajib mengikuti pengarahan dalam rangka pelaksanaan pembekalan dan orientasi pada tanggal 7 dan 8 Januari 2021 yang dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai selesai. Adapun jadwal dan pembagian tempat pelaksanaan pengarahan CPNS BKN formasi 2019 akan diinformasikan kemudian.


Selanjutnya ketentuan bagi CPNS formasi 2019 yang ingin ikut pembekalan dan orientasi pertama, harus mengisi daftar hadir menggunakan aplikasi BKN Location Based Presence (LBP) yang telah dipasang (install) pada ponsel milik CPNS melalui tautan http://s.id/aplikasilbp untuk platform android atau dengan mengakses http://s.id/lbp-web melalui browser Safari untuk platform iOS. Perlu dicatat, username dan password untuk login akan diinformasikan kemudian.


Kedua, mematuhi protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu dan/atau pelindung wajah (face shield), menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan hand sanitizer.


Ketiga, mengenakan kemeja atas berwarna putih polos tanpa corak, celana panjang/rok berwarna hitam, sepatu pantofel hitam (tidak diperkenankan memakai kaos, celana berbahan jeans, dan sandal). Bagi CPNS yang berjilbab, menggunakan jilbab berwarna hitam.


Dalam pelaksanaan pembekalan dan orientasi CPNS 2019 di BKN, CPNS BKN formasi 2019 akan dilaksanakan selama kurang lebih 1 tahun di kantor BKN Pusat. Seluruh CPNS wajib mengikuti seluruh rangkaian pembekalan dan orientasi.


Adapun, biaya transportasi dan akomodasi menuju kantor BKN Pusat menjadi tanggung jawab CPNS BKN formasi 2019 yang bersangkutan. Kelalaian dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi tanggung jawab CPNS yang bersangkutan, dan keputusan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


(dtc)

×
Berita Terbaru Update