Paripurna HUT ke-50 Kota Payakumbuh Digelar dengan Protokol Kesehatan

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 1 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.204 229 27.500 647
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Paripurna HUT ke-50 Kota Payakumbuh Digelar dengan Protokol Kesehatan

Jumat, 18 Desember 2020 | 03:00 WIB Last Updated 2020-12-17T20:00:10Z

mjnews.id - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Kota Payakumbuh tahun ini, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi yang masih mengancam, membuat peringatan itu dilakukan dalam protokol kesehatan (prokes) ketat. 


Rapat paripurna HUT ke-50 Kota Payakumbuh dengan tema "Tingkatkan Sinergisitas dan Pembangunan Menuju Payakumbuh Maju dan Masyarakat Sejahtera" itu digelar di ruang Rapat Utama DPRD setempat, Kamis (17/12/2020).


Tidak banyak yang hadir dalam rapat paripurna itu, karena pembatasan massa sesuai dengan prokes. Setiap tamu undangan yang masuk, harus dicek suhu tubuh dan wajib memakai masker. Penerapan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan betul-betul diterapkan pada rapat paripurna itu. Selain itu, paripurna tersebut juga digelar secara virtual melalui aplikasi daring.


Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Hamdi Agus, juga dihadiri Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Setdaprov Beni Warlis, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Wakil Walikota Erwin Yunaz, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura, Wakil Ketua DPRD Armen Faindal, Sekdalo Payakumbuh Rida Ananda, Sekda Kabupaten Limapuluh Kota Widya Putra, mantan Walikota Payakumbuh Capt. Josrizal Zain, tokoh pendiri Kota Payakumbuh Dt. Rajo Sulaiman, unsur Forkopimda, pimpinan ormas dan tokoh masyarakat setempat.


Selain penerapan prokes yang ketat, Walikota Riza Falepi, Wakil Walikota Erwin Yunaz, Sekdako Rida Ananda dan seluruh Kepala OPD yang mengikuti rapat itu, memakai baju dengan bahan dari produk Tenun Balai Panjang Payakumbuh. Diawali dengan pembacaan wahyu Ilahi oleh Qori Yano, anak Nagari Aua Kuniang. Rapat paripurna digelar secara virtual diikuti oleh kepala OPD di lantai III balaikota, serta disaksikan secara langsung oleh banyak warga lewat media sosial facebook, instagram dan youtube resmi Pemerintah Kota Payakumbuh. Dalam rapat itu, juga ditampilkan video kilas balik sejarah Kota Payakumbuh.


Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam pidato HUT ke-50 Kota Payakumbuh menyampaikan arti dari bertambahnya usia Payakumbuh kali ini, sebagai mile stone atau batu penanda perjalanan setengah abadnya, itu bukanlah waktu sebentar. Silih berganti pemerintahannya sebagai bentuk pengbadian untuk pembangunan kota.


"Payakumbuh lahir, saya juga baru lahir, meski amanah sebagai pemimpin itu berat, namun harus dijalankan. Mari kita sambut hari ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah serta ungkapan terimakasih kepada pejuang pendahulu atas berdirinya kota ini. Kami juga mengapresiasi walikota dan wakil walikota periode pertama sampai periode sebelum kami yang telah berjasa membimbing masyarakat sampai saat ini," ujarnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Hamdi Agus, menyampaikan, 17 Desember 1970 merupakan hari lahirnya Kota Payakumbuh secara administratif. Genap berusia setengah abad pada tahun 2020. "Rapat paripurna ini adalah bentuk rasa syukur atas nikmat dan rahmat Allah SWT. Sehingga pada usia emas kota ini, bisa kita merasakannya bersama-sama, selamat berulang tahun Kota Payakumbuh. Meski sederhana, namun ini tidak mengurangi semangat, rasa syukur, dan kebahagiaan menyambut hari jadi kota ini," ucapnya.


Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Setdaprov Benni Warlis, juga mengucapkan selamat hari jadi Kota Payakumbuh, semoga menjadi negeri yang sejahtera. Karena ini momentum yang penting dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kota.


"Kita juga menginventarisasi berbagai kegiatan yang sudah dan akan dilakukan dimasa akan datang. Mari Kita evaluasi tidak hanya pemerintah dan DPRDnya saja, tetapi juga masyarakat. Kota Payakumbuh sudah berada dijalan yang tepat, dengan torehan berbagai prestasi baik ditingkat regional maupun nasional," katanya.


(fik)

×
Berita Terbaru Update