Polres Sijunjung Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 3 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.380 260 27.665 651
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Polres Sijunjung Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020

Senin, 21 Desember 2020 | 15:02 WIB Last Updated 2020-12-21T19:34:29Z
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020.

mjnews.id - Polres Sijunjung melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2020 di halaman Mapolres tersebut, Senin (21/12/2020). Apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021.


Apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres AKBP Andry Kurniawan, SIK, MH dengan komandan apel KBO Shabara Ipda Avif Mulia Prata, dihadiri Forkopimda, Sekdakab Zefnihan, kepala OPD dan perwira Polres. Peserta apel, anggota Kodim, anggota Polres, pegawai Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaan serta pegawai Dinas Kesehatan dan petugas Sentra Komunikasi.


Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., dalam amanat tertulis yang dibacakan Kapolres Andry Kurniawan menyampaikan, apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021. Baik pada aspek personel mau pun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.


Perayaan natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.


Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.


Karena itu, Polri menyelenggarakan operasi lilin 2020 selama 15 hari dari 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.


Guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, dalam amanatnya Kapolri menyampaikan beberapa penekanan kepada personel yang terlibat operasi lilin.


Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Kedua, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.


Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021.


Keempat, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.


Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.


Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Ketujuh, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.


Kasubag Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul Nurdin mengatakan, di Kabupaten Sijunjung, operasi lilin 2020 dilaksanakan dengan membangun Posko pengamanan di Kiliran Jao.


Pada Posko itu, setiap hari, selama operasi lilin dilaksanakan, bertugas empat anggota Polres bersama dua anggota Kodim, dua pegawai Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaan serta dua pegawai Dinas Kesehatan.


(nr/def)

×
Berita Terbaru Update