Polresta Padang Terapkan Dua Strategi Awasi Keramaian Saat Libur Akhir Tahun

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 27 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.098 219 27.419 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Polresta Padang Terapkan Dua Strategi Awasi Keramaian Saat Libur Akhir Tahun

Kamis, 31 Desember 2020 | 04:00 WIB Last Updated 2020-12-30T21:00:04Z
Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir.

mjnews.id - Kepolisian Resor Kota Padang menerapkan dua strategi untuk mengawasi kerumunan saat momen libur akhir tahun agar tidak melanggar maklumat Kapolri tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan.


"Ada dua pola pengawasan yang diterapkan yaitu berbekal informasi internal (intelijen) dan informasi eksternal," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang, AKBP Imran Amir, di Padang, belum lama ini.


Setiap informasi tersebut, katanya, akan langsung direspon serta ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian untuk mendatangi lokasi yang disebutkan.


Langkah tersebut dinilai lebih efektif dan tepat sasaran untuk mengawasi kepatuhan protokol kesehatan ketika momen libur akhir tahun. Jika ditemukan ada yang melanggar langsung ditindak.


Selain itu, lanjut Imran Amir, patroli rutin juga terus dilaksanakan setiap harinya oleh personel Polresta Padang, sedikitnya ada tiga patroli dalam sehari.


"Petugas yang berada di pos pengamanan natal dan tahun baru juga akan melakukan pengawasan di lapangan," jelasnya.


Ia meminta masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena mempertimbangkan penanganan penyebaran Covid-19 yang belum sepenuhnya terkendali, dan masih berpotensi berkembang luas di masyarakat.


"Masyarakat diminta patuh karena tujuannya untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," jelasnya.


Pihak kepolisian juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya seperti TNI, pemerintah kota, dan lainnya.


Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis telah menerbitkan Maklumat bernomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 tertanggal 23 Desember 2020.


Maklumat mengatur agar tidak menyelenggarakan pertemuan atau kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah, pesta/perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan, pawai dan karnaval serta pesta penyalaan kembang api.


Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan Maklumat tersebut, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


(do/eds)

×
Berita Terbaru Update