Gubernur dan Wakil Gubernur Tak Disuntik, Plh Sekdaprov Perdana Vaksinasi Covid-19 di Riau

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 7 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.706 249 28.022 654
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Gubernur dan Wakil Gubernur Tak Disuntik, Plh Sekdaprov Perdana Vaksinasi Covid-19 di Riau

Kamis, 14 Januari 2021 | 01:30 WIB Last Updated 2021-01-13T20:08:40Z
Kadis Kesehatan Riau, Mimi Yuliani saat memperlihatkan pesan singkat yang menerangkan bahwa ia telah terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 tahap pertama. (rahmat zikri)

mjnews.id - Jika tak ada aral melintang, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmi akan menjadi orang pertama di Bumi Lancang Kuniang yang akan disuntik vaksin Covid-19 Sinovac.


Penyuntikan perdana itu akan dilakukan di ruang serba guna RSUD Arifin Achmad, Kamis (14/1/2021) pagi ini.


Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir saat dikonfirmasi di kantornya membenarkan hal tersebut.


"Secara hirarkinya adalah gubernur, namun gubernur tidak divaksin lagi. Kalau Wagub usianya sudah di atas 60 tahun sehingga secara pemerintahan seharusnya Sekda, dan saat ini yang paling pas secara pemerintahan adalah Plh. Sekdaprov," katanya.


Lebihlanjut dikatakan Mimi, setelah Plh. Sekdaprov penerima vaksin akan dilanjutkan kepada Forkopimda yang juga telah setuju.


"Selain itu, saya siap dengan Direktur RSUD Arifin Ahmad, juru bicara Satgas Covid-19 Riau dan ketua-ketua organisasi profesi," ungkapnya.


Bicara soal manfaat vaksin, Mimi menegaskan, sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh sehingga akan menekan resiko terdampak Covid-19.

Terpisah, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS memastikan pemberian vaksin 'korona' Sinovac pertama di Riau akan dilakukan di dalam ruangan.


Hal itu diungkapkannya di rumah sakit yang beralamat di jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru tersebut, Rabu (13/1/2021) siang.


"Mengacu dari pemberian vaksin kepada presiden RI, kita juga akan lakukan di dalam ruangan. Untuk itu kita telah siapkan Ruang Serba Guna Arifin Achmad," katanya.


Lebih lanjut dikatakan, dipercaya sebagai lokasi pemberian vaksin pertama, ia bersama tim mengaku terus menjalin komunikasi dengan Dinas Kesehatan Riau terkait persiapan dan peralatan yang dibutuhkan.


"Dalam jadwalnya, vaksinasi akan dilakukan Kamis 14 Januari 2021. Rencananya dimulai pukul 09.00 WIB. Namun terkait data siapa saja yang sudah dipastikan akan menerima vaksin tersebut, kami belum memilikinya," ujarnya.


dr. Nuzelly menjelaskan, penerapan protokol kesehatan dan ruang bagi media merupakan prioritas utama yang kini terus menjadi perhatian khusus pihaknya.


"Alasannya, pertama karena akan banyak yang hadir. Jadi, seluruh yang hadir harus lolos dulu protokol kesehatan kami. Sementara untuk media, kami sedang mencarikan lokasi yang pas agar peliputan dan penyampaian informasi berlangsung tanpa kendala," jelasnya.


Bicara soal daya tampung ruang serba guna tersebut, dr. Nuzelly mengungkapkan, dengan menerapkan protokol kesehatan ruang tersebut akan mampu menampung 50 orang.


Pantauan di Ruang Serbaguna RSUD Arifin Achmad terlihat sejumlah meja dan kursi telah disusun berjarak.


Tak hanya itu, di bagian kiri ruangan terlihat telah disiapkan satu unit tempat tidur pasien dan alat pemadam api ringan dan sejumlah peralatan lainnya.


(mat)


loading...

×
Berita Terbaru Update