Newcastle Jets Australia, Klub Baru Syahrian Abimanyu

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 3 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.380 260 27.665 651
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Newcastle Jets Australia, Klub Baru Syahrian Abimanyu

Sabtu, 16 Januari 2021 | 12:01 WIB Last Updated 2021-01-16T05:01:09Z
Syahrian Abimanyu.

mjnews.id - Gelandang Timnas Indonesia U-23 Syahrian Abimanyu bakal segera dipinjamkan klubnya, Johor Darul Ta'zim (JDT) ke Newcastle Jets. Klub asal Australia itu pernah mengalahkan Persija Jakarta di Liga Champions Asia 2019.


Newcastle Jets terbentuk sejak 2000 ketika bergabung dengan National Soccer League (NSL) dengan nama Newcastle United. Tampil di dua dari tiga seri final, Newcastle termasuk tim sukses yang tampil sebagai runner up di belakang Perth Glory musim 2001-2002.


Newcastle United berubah nama menjadi Newcastle Jets saat gabung ke liga sepak bola domestik baru di Australia, A-League. Perubahan nama dimaksudkan untuk mengubah image klub.


Tambahan Jets di belakang nama klub diubah agar tidak rancu dengan klub Inggris yang tampik di Premier League, Newcastle United. Nama Jets diambil dari Markas RAAF Williamton yang lokasinya hanya 20 kilometer dari utara Newcastle.


Tim berjuluk The Jets itu menjadi satu dari hanya tiga klub mantan NSL yang tampil di format baru kompetisi A-League.


Bermarkas di McDonald Jones Stadium yang berkapasitas 33 ribu penonton, Newcastle Jets dipimpin Craig Deans sebagai pelatih sementara menggantikan Carl Robinson sejak Oktober 2020.


Pada 2008, The Jets kembali membangun tim untuk dipersiapkan tampil di Liga Champions Asia 2009. Sayang langkah mereka terhenti di babak 16 besar usai kalah 0-6 dari wakil Korea Selatan, Pohang Steelers.


Newcastle Jets menjamu Persija Jakarta di laga kualifikasi Liga Champions Asia.Newcastle Jets menjamu Persija Jakarta di laga kualifikasi Liga Champions Asia.


Setelah absen 10 tahun, tepatnya 2019, Newcastle Jets akhirnya kembali tampil di Liga Champions Asia untuk kali kedua usai menjadi runner up di A-League. Di babak playoff Newcastle Jets bertemu dengan wakil Indonesia Persija Jakarta dalam laga yang digelar di Australia.


The Jets menang 3-1 atas Macan Kemayoran melalui babak perpanjangan waktu. Satu-satunya gol milik Persija diciptakan Ramdani Lestaluhu di menit 72.


Sepanjang kiprahnya, prestasi terbaik Newcastle Jets yakni menjadi runner-up A-League dua kali, yakni musim 2007-2008 dan 2017-2018. The Jets juga pernah menjadi juara A-League grand final pada 2008 dan runner up di 2018.


Kini, Syahrian Abimanyu yang merupakan mantan pemain Madura United diklaim bakal menjadi bagian dari Newcastle Jets dalam waktu dekat. Kepastian itu diungkapkan Rasiman, ayah kandung sekaligus asisten pelatih Madura United, Kamis (14/1/2021).


Selain Newcastle, sebenarnya ada beberapa pilihan klub yang disebut Rasiman telah disodorkan kepada Syahrian Abimanyu. Namun, pilihan jatuh ke The Jets karena kualitas kompetisinya lebih baik daripada di ASEAN.


"Ya, rencananya begitu [dipinjamkan JDT ke Newcastle Jets]. Masih menunggu konfirmasi dari JDT, yang resmi konfirmasi kan dari situ," kata Rasiman melalui sambungan telepon.


Menurut Rasiman, Newcastle Jets, klub yang tampil di A-League atau kasta tertinggi kompetisi sepak bola Asutralia juga sudah mengirimkan penawaran kepada Syahrian.


"Obrolan pastikan kan ada. Pasti harus kami tandatangani, terutama Syahrian Abimanyu. Setuju ke Australia karena memang opsi pilihan dari JDT. Dari awal kami sudah tahu kalau tahun ini kemungkinan besar tidak akan di JDT, akan main di luar, dipinjamkan lagi," ungkapnya seperti dilansir CNN-Indonesia.


(*)

×
Berita Terbaru Update