Pandemi Covid-19, Polda Sumbar Bangkitkan Perekonomian Solok Melalui Tanam Nilam

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 1 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.204 229 27.500 647
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Pandemi Covid-19, Polda Sumbar Bangkitkan Perekonomian Solok Melalui Tanam Nilam

Jumat, 15 Januari 2021 | 19:04 WIB Last Updated 2021-01-15T20:19:43Z
Bersama Bupati Solok diwakili Sekda Aswirman, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, MM dan jajaran Polres Solok melakukan penanaman bibit nilam di Pancang Merah Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, Kamis (14/1/2021). (ist)

mjnews.id - Masa pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat melakukan aktivitas pertanian guna meningkatkan perekonomian keluarga. Bahkan, gejala positif itu didorong dengan program pertanian dalam kegiatan budidaya komoditi Nilam oleh Polda Sumbar.


"Kita ingin pengembangan ekomoni masyarakat sejalan dengan pengembangan daerah dengan memperhatikan lahan tanpa merusak habitat sekitarnya," kata Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, MM.


Hal itu diungkapkan Kapolda Sumbar ketika melakukan penanaman perdana bibit nilam bersama PT. Sirukam Lubung Nagari dalam mendukung program Promoter, Kamis (14/1/2021) di Pancang Merah Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.


Dalam kegiatan itu hadir Bupati Solok diwaliki Sekda Aswirman dan Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho.


Dikatakan Kapolda, di tengah masa pandemi Covid 19 yang sedang terjadi ini, semua warga perlu mencari peluang usaha dalam rangka peningkatan ekonomi dan juga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.


Sejalan, pihaknya sekaligus ingin menghidupkan kembali lahan tidur untuk diolah menjadi lahan produktif. "Dalam kaitan ini, minyak nilam sangat potensial dikembangkan karena memiliki nilai komoditi yang baik dan memiliki peluang ekspor yang tinggi," ucap Kapolda.


Toni yang mengaku sudah dua kali mengunjungi lokasi pertanian itu mengharapkan kepada Pemkab Solok agar mendukung kegiatan budidaya nilam sebagai usaha pengembangan perekonomian masyarakat dan daerah.


Ikut hadir dalam kegiatan ini Dandim 0309 Solok Letkol Arm Reno Triambodo, Kajari Solok Donny Haryono Setiawan, Direktur PT. Sirukam Lubung Nagari, Boy serta Camat Payung Sekaki dan Walinagari setempat.


Sementara itu, Kapolres Solok Azhar Nugroho menyampaikan, kegiatan bidang pertanian ini bekerjasama antara Polda Sumbar dengan PT Sirukam Lumbung Nagari untuk mengolah lahan dan pengembangan bibit nilam. 


Pihaknya berharap kegiatan budidaya nilam ini bisa menyerap tenaga kerja bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Solok.


Menyambut itu, Bupati Solok diwakili Sekda Aswirman menegaskan, kondisi kawasan Payung Sekaki ini cocok untuk lahan pertanian, khususnya bibit nilam.


Dulu, kata Aswirman, sudah ada kegiatan seperti ini dilakukan. Namun belum ada kemajuan. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan pengembangan nilam oleh Polda Sumbar, diharapkan dapat berkembang lebih baik dan menjadi sumber perekonomian.


Sekda Aswirman sekaligus menaruh harapan kepada PT. Sirukam Lubung Nagari agar berupaya lebih baik mengembangkan bibit nilam di Kabupaten Solok. "Dengan terlaksananya kegiatan ini, selain dapat menghidupkan perekonomian, tentu juga dapat memberi kontribusi buat daerah berupa retribusi untuk pajak daerah," sebut Aswirman.


Sebelumnya, Pimpinan PT. Sirukam Lubung Nagari mengungkapkan, lahan yang dipakai untuk budidaya nilam seluas 25 hektare. 17 hektare untuk pohon, dengan kapasitas 4.000 pohon/hektare. "Sebanyak 8 hektare dicadangkan untuk areal budidaya selanjutnya," kata Boy.


Menurutnya, target panen perdana selama 6 bulan dan untuk panen berikutnya selama 3 bulan. Kegiatan pengembangan bibit nilam ini juga telah mengikutsertakan masyarakat sebanyak 60 orang dan sudah menghasilkan panen," jelasnya.


(rus/yas)

×
Berita Terbaru Update