Plh Sekdakab Muskamal Pimpin Rakor Camat se-Kabupaten Pesisir Selatan

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Plh Sekdakab Muskamal Pimpin Rakor Camat se-Kabupaten Pesisir Selatan

Jumat, 15 Januari 2021 | 10:03 WIB Last Updated 2021-01-15T03:03:01Z

mjnews.id - Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Pesisir Selatan (Pessel), Muskamal memimpin rapat koordinasi (Rakor) camat se-Kabupaten Pesisir Selatan di ruang rapat bupati, Kamis (14/1/2021).


Rakor camat tersebut membahas beberapa hal berkaitan dengan tugas-tugas pemerintahan serta penanganan Covid 19 di kecamatan. Dalam kesempatan itu, Plh Sekda Muskamal didampingi Kasat Pol PP dan Damkar selaku Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19, Dailipal serta sejumlah kabag di lingkup sekretariat daerah.


Pada kesempatan itu Muskamal mengatakan, tahun 2021 ini Pemkab Pesisir Selatan tetap memprioritaskan pencegahan dan pengendalian Covid-19.


Untuk itu kepada camat agar proaktif melakukan penanganan Covid -19 di wilayah kerja masing-masing. Kemudian mengintensifkan sosialisasi pencegahan Covid 19 di tengah-tengah masyarakat.


"Untuk pencegahan penularan Covid-19, maka penerapan protokol kesehatan harus dimaksimalkan dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan lainnya," kata Muskamal.


Selain memaksimalkan upaya penanganan Covid-19, Muskamal juga meminta camat menjalin komunikasi yang intensif dengan seluruh elemen masyarakat di wilayah tugasnya.


Kemudian, camat yang merupakan perpanjangan tangan bupati untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan umum, pelayanan dan pembinaan kemasyarakatan di wilayah kecamatan juga mesti responsif terhadap kondisi masyarakat.


"Sebagai koordinator penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan, maka camat juga harus mampu mengakomodir aspirasi yang berkembang di masyarakat, menjalin koordinasi yang baik dengan semua unsur serta menguasai situasi dan kondisi wilayah kerjanya," pintanya.


Dikatakan, mengingat begitu kompleksnya tugas dan kewenangan camat, maka setiap kali sertijab camat dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Momentum itu sekaligus memperkenalkan camat kepada wilayah kerja baru serta masyarakat luas.


Disamping itu, ia berharap agar aparatur pemerintah daerah selalu memperhatikan kondisi serta tuntutan perkembangan yang ada demi meningkatkan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.


“Tuntutan masyarakat terhadap aparatur pemerintah untuk mampu memberikan pelayanan yang baik, profesional, efektif, efisien, sederhana, transparan dan tepat waktu harus selalu direspon secara positif dengan mengaktualisasikannya secara nyata," tegasnya.


Disebutkan, aparatur pemerintah daerah hendaknya terus berupaya melakukan penataan dan perbaikan di berbagai aspek kehidupan masyarakat dengan tetap berlandaskan kepada visi daerah yaitu terwujudnya masyarakat yang sejahtera.


“Upaya tersebut harus dilaksanakan secara cermat dan terencana melalui optimalisasi tugas serta fungsi dalam kedudukan masing-masing dengan tetap diikuti peningkatan koordinasi dan sinergi yang solid antar unit kerja," pintanya.


(myd)

×
Berita Terbaru Update