Pokdarwis Andaleh Nagari Bungo Tanah Datar Gelar Lomba Jorong Terindah

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 27 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.098 219 27.419 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Pokdarwis Andaleh Nagari Bungo Tanah Datar Gelar Lomba Jorong Terindah

Kamis, 14 Januari 2021 | 08:30 WIB Last Updated 2021-01-14T17:16:51Z
Tim penilai bersama panitia di latar satu jorong. (ist)

mjnews.id - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Andaleh Nagari Bungo, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar menggelar lomba jorong terindah dengan tagline one jorong, one destinastion.


Empat jorong yang bertarung dinilai tim dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar dan Gabungan Pengusaha Industri Pariwisata (GIPI) Sumbar pada kegiatan beberapa hari lalu.


Kabid Pariwisata Disparpora Tanah Datar Efrison, juga sebagai juri menyatakan apresiasi atas digelarnya iven diprakarsai Pokdarwis Andaleh Nagari Bungo.


Katanya, lomba ini akan menggali dan mengembangkan potensi kemegahan. Nagari Andaleh yang dikenal sebagai nagari bunga.


“Nagari Andaleh sudah terkenal dengan penghasil bunga, disana juga tumbuh pohon langka berumur ratusan tahun dengan ukuran dekapan delapan orang dewasa dengan tinggi sekitar 15 meter, yaitu pohon Andalas,” kata Efrison.


Diutarakan dengan adanya lomba ini image Nagari Andaleh sebagai nagari wisata akan semakin populer dan akan memotivasi masyarakat untuk terlibat dalam pengembangan pariwisata.


Empat jorong menampilkan berbagai kelebihan dan pesonany. Dimana Jorong Subarang menampilkan pesona keindahan alam dengan latar belakang areal pertanian dan danau Singkarak, Jorong Batu Kadurang menampilkan rest area dan legenda Batu Kadurang tentang cerita manusia menjadi batu.


Sementara, Jorong Koto Gantiang menampilkan potensi wisata air dan berbagai aneka bunga hias masyarakat, terakhir Jorong Jirek yang menampilkan view sanau Singkarak dengan pohon beringin raksasanya.


Menurut Ketua Pokdarwis Andaleh Nagari Bungo, B. Sutan Bagindo, iven ini bermaksud untuk menggali potensi wisata di setiap jorong di Nagari Andaleh.”Hingga nanti telah dikonsep iven paket wisata dua hari semalam di Andaleh, yang menyuguhkan potensi yang dimilikinya,” tandas Sutan Bagindo.


Atas terlaksananya iven tersebut, ia ingin menjadikan Nagari Andaleh sebagai nagari wisata andalan di Tanah Datar sehingga nantinya wisatawan juga singgah.


Iven ini juga didukung Anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria dengan memberikan dana pokirnya sebesar Rp 250.000.000 untuk pengembangan pariwisata Nagari Andaleh, yaitu untuk penyusunan master plan pengembangan pariwisata, pelaksanaan focus group discussion dan peningkatan SDM Pokdarwis.


(bd/efr)

×
Berita Terbaru Update