Ringankan Beban Masyarakat, BBPPKS Padang Bantu Salurkan BST

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Ringankan Beban Masyarakat, BBPPKS Padang Bantu Salurkan BST

Sabtu, 16 Januari 2021 | 11:34 WIB Last Updated 2021-01-17T19:56:59Z
Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Sumatera, Beni Sujanto, ikut menyerahkan BST, Sabtu (16/1/2021). (ist)

MJNews.id - Kementerian Sosial RI terus membantu meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Jajaran Kemensos terus berbuat, memperbaiki, dan menyempurnakan distribusi bantuan sosial.


Salah satu bantuan yang disalurkan saat ini adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan oleh Kementerian Sosial untuk keluarga kurang mampu secara ekonomi sebagai akibat dari wabah Covid-19.


Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Sumatera, Beni Sujanto, Sabtu (16/1/2021) menuturkan penyaluran BST hingga saat ini sudah memasuki tahap keenam.


"Kemensos, melalui BBPPKS Padang kembali memfasilitasi PT Pos Indonesia untuk mempermudah warga masyarakat yang beralamat di sekitar Kampus II BBPPKS Padang," ujar Beni.


Penyaluran BST di Kampus II BBPPKS Padang dilaksanakan dari 15 hingga 16 Januari 2021 dan dibuka oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Masyarakat penerima yang dialihkan ke Kampus II BBPPKS Padang adalah warga Kecamatan Pauh.


Dikatakan Beni, total kepala keluarga yang menerima bantuan yang difasilitasi adalah sebanyak 813 KK dengan penerimaan sebesar Rp300.000.


Selain mendatangkan keluarga penerima manfaat ke Kampus II, tim dari BBPPKS Padang bersama PT Pos Indonesia didampingi Dinas Sosial Kota Padang menjangkau rumah penerima bantuan yang tidak mampu untuk datang ke lokasi penyaluran. Seperti rumah penyandang disabilitas berat, serta lanjut usia yang tidak lagi produktif pada 16 Januari 2021.


Pemerintah mengharapkan bantuan yang disalurkan ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan bijaksana sesuai kebutuhan masing-masing, lebih lanjut tidak untuk dibelikan rokok apalagi minuman keras.


Sementara Walikota Mahyeldi mengatakan, BST yang diberikan merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada warga yang terdampak Covid-19 di Kota Padang.


"Alhamdulillah pada 2021 ini Pemerintah Kota Padang kembali menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak Covid-19. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan sosial masyarakat," ujar Mahyeldi.


Wali Kota berpesan kepada penerima BST agar menggunakan bantuan tersebut sebagaimana mestinya. "Belikan uang tersebut untuk kebutuhan pokok keluarga, bukan untuk membeli rokok dan membeli pulsa," pungkas Wako mengakhiri.


Mahyeldi mengucapkan terimakasih kepada Kepala BBPPKS Regional I Sumatera Beni Sujanto, dan Kepala Kantor POS Kota Padang Sartono yang telah mendukung Pemerintah Kota Padang dalam menyalurkan BST ini.


Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi mengatakan, bantuan BST pada 2021 ini diberikan selama 4 bulan, mulai Januari sampai April 2021. Per bulannya masyarakat menerima sebesar Rp 300 ribu per Kepala Keluarga (KK). Untuk Kota Padang jumlah penerimanya sebanyak 17.438 KK.


"Bantuan ini akan disalurkan secara bertahap, hari ini di BBPPKS Regional I Sumatera untuk Kecamatan Pauh," ujar Afriadi.


(gsp)

×
Berita Terbaru Update