Selamat! Prof Ansofino Dilantik Sebagai Ketua STKIP PGRI Sumbar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 24 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.837 214 27.119 642
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Selamat! Prof Ansofino Dilantik Sebagai Ketua STKIP PGRI Sumbar

Sabtu, 16 Januari 2021 | 17:30 WIB Last Updated 2021-01-17T19:39:42Z
Prof. Ansofino dan Dasrizal bersama Ketua PGRI Sumbar Darmalis, Zainal Akil dan anggota senat, usai pelantikan di Aula Serba Guna Gedung D kampus STKIP PGRI Sumbar, Sabtu (16/1/2021). (humas)

MJNews.id - Prof. Dr. H. Ansofino, M.Si dilantik sebagai Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) masa jabatan 2021-2025, menggantikan Dr Hj Zusmelia, M.Si yang telah habis masa tugasnya.


Pengukuhan Ansofino sebagai Ketua STKIP PGRI Sumbar berlangsung di Aula Serba Guna Gedung D kampus STKIP PGRI Sumbar, Sabtu (16/1/2021) yang dihadiri secara virtual Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI, Unifah Rosidi, Ketua Badan Pembina Lembaga Pendidikan (BPLP) PGRI, Prof Dr Supardi Uki Sajiman MM MPd, Sekretaris Jenderal PB PGRI Drs. H. M. Ali Arahim, Sekretaris BPLP PGRI, Dra. Dian Mahsunah, dan Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA, Pengurus PGRI Kabupaten/kota se Sumbar, Kepala Sekolah beserta Wakil Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Padang, Anggota Senat STKIP PGRI Sumbar, seluruh dosen dan karyawan se-lingkungan STKIP PGRI Sumbar.


Sekretaris Jenderal PB PGRI Drs. H. M. Ali Arahim menyampaikan, penunjukan Ansofino sebagai Ketua STKIP PGRI Sumbar didasari atas, adanya berita acara rapat senat tertanggal 5 Januari 2021, surat permohonan dari Badan Pelaksana Harian (BPH) Pengurus Besar (PB) PGRI pada STKIP PGRI Sumbar dan SMA PGRI 1 Padang tertanggal 6 Januari 2021 tentang permohonan pengangkatan ketua STKIP PGRI Sumbar, dan surat LLDIKTI Wilayah X tertanggal 11 Januari 2021, tentang rekomendasi pengangkatan Ketua STKIP PGRI Sumbar atas nama Ansofino.


"Melalui pengangkatan ini, BPLP menugaskan kepada Prof Ansofino untuk melaksanakan peran pembinaan dan pengembangan di STKIP PGRI Sumbar dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Semoga amanah," ujar Ali Arahim.


Prof Ansofino menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan padanya. Dia menyebut akan bekerja dengan sebaik-baiknya, sesuai aturan yang ada.


Terkait rencana kerja yang dijalankan dalam waktu dekat, Ansofino mengatakan, ia akan fokus menyiapkan perubahan bentuk STKIP PGRI Sumbar menuju Universitas PGRI Sumbar. Langkah yang diambil salah satunya, dengan meningkatkan akreditasi program studi (prodi). Sejumlah prodi yang sekarang masih berada di level baik, ditargetkan untuk mendapat akreditasi unggul.


Kemudian, akan dilaksanakan juga penguatan tata kelola kampus dengan menerapkan social capital (modal sosial).


"Sosial capital adalah kunci untuk bisa melahirkan inovasi-inovasi baru, sehingga kita bisa menjadi perguruan tinggi yang unggul di wilayah Sumatera. Ke depan kita akan ciptakan ruang-ruang komunikasi yang instens, sehingga setiap keputusan penting tentang organisasi selalu diambil secara musyawarah mufakat," katanya.


Ketua STKIP PGRI Sumbar, periode 2016-2021, Zusmelia yang diwakili Wakil Ketua I Bidang Akademik Sri Imelwaty memaparkan, pada masa jabatan 2016-2021, sejumlah prestasi telah berhasil diraih.


Diantaranya, STKIP PGRI Sumbar telah mendapatkan akreditasi institusi dengan nilai B, dari 14 prodi yang dimiliki, ada yang terakreditasi unggul dan baik sekali.


Terkait Sumber Daya Manusia (SDM), STKIP PGRI Sumbar memiliki 247 dosen yang terdiri dari 1 orang guru besar, 23 doktor, sementara sebanyak 36 dosen tengah menjalankan studi S3. Dari 247 dosen yang ada tersebut, 223 orang diantaranya sudah memiliki sertifikasi pendidik.


Tak sampai di sana saja, di bawah kepemimpinan Zusmelia STKIP PGRI Sumbar juga menorehkan banyak prestasi di tingkat nasional, hingga internasional.


Di tingkat nasional, STKIP PGRI Sumbar telah bermitra dengan PLTI sebagai penyelenggara tes sertifikasi dosen, dan juga sudah bermitra dengan 366 sekolah yang ada di Provinsi Sumbar, Riau dan Bengkulu.


"Di tingkat internasional, kita berhasil meraih hibah program kredit transfer dari Belmawa Kemenristek Dikti. Program ini adalah program rutin dari Belmawa Kemenristek Dikti untuk meningkatkan kemampuan jejaring kerjasama dengan universitas luar negeri," ujar Sri Imelwaty.


Untuk bidang kemahasiswaan STKIP PGRI Sumbar berada di peringkat 87 se-Indonesia. Kemudian di bidang penelitian STKIP PGRI Sumbar mampu mempertahankan posisi pada Klaster Utama, dan sejumlah pencapaian lainnya.


"Untuk Ketua STKIP yang baru, semoga bisa melanjutkan tugas-tugas ke depan dengan baik," kata Sri Imelwaty.


Bersamaan dengan pengukuhan Prof Ansofino sebagai Ketua STKIP PGRI Sumbar, juga dilakukan pelantikan terhadap Pengurus Badan Pelaksana Harian (BPH) pengurus Besar (PB) PGRI pada STKIP PGRI Sumbar dan SMA PGRI 1 Padang masa bakti 2021-2026.


Terpilih sebagai Ketua BPH STKIP PGRI dan SMA PGRI 1 Padang periode 2021-2026, Dr. H. Dasrizal, M.P., dengan Wakil Ketua, Dr. Hj Zusmelia MSi, dan Zainal Akil.


Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosidi saat melantik pengurus BPH PGRI pada STKIP PGRI Sumbar dan SMA PGRI 1 Padang berpesan, pengurus yang dikukuhkan agar sungguh-sungguh melaksanakan tugas pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan pada STKIP PGRI Sumbar dan SMA PGRI 1 Padang.


"Semoga Allah memberikan kekuatan pada semuanya dalam mengemban tugas yang diberikan," kata Unifah.


(lgo/eds)

×
Berita Terbaru Update