Tahun Ini 20 Prodi di UNP Akan Tersertifikasi Internasional, 4 Telah Divisitasi

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 24 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.837 214 27.119 642
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Tahun Ini 20 Prodi di UNP Akan Tersertifikasi Internasional, 4 Telah Divisitasi

Sabtu, 16 Januari 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-01-16T00:00:05Z
Rektor dan jajaran serta mantan rektor foto bersama usai penutupan kegiatan visitasi oleh Tim Asesor Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA). (ist)

mjnews.id - Universitas Negeri Padang (UNP) pada 2021 ini menargetkan 20 program studi (prodi) yang ada di berbagai fakultas di perguruan tinggi tersebut bisa meraih sertifikat dan akreditasi internasional. Empat diantaranya sudah divisitasi oleh Tim Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada Senin (11/1/2021) hingga Jumat (15/1/2021).


Keempat prodi yang divisitasi sejak lima hari terakhir, yaitu Prodi Bimbingan dan Konseling, Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.


Ada delapan tim asesor yang melakukan visitasi, yaitu Executive Director of The ASEAN University Network, Dr. Choltis Dhirathiti, Deputy Chairperson of AUN-QA Council, Mr. Prof. Ir. Dr. Shahrir Abdullah, Mr. Casey Barnett, CFA, FCCA, MBA (Chief and Lead asesor of Guidance and Counseling Study Program), Prof. Dr. Yahaya Md. Sam (lead asesor of Family welfare Education Study Program), Prof. Dr. Rowena L. Escolar Chua (lead asesor of Physical Education, Health And Recreation), Prof. Cenon R. Alfonso, MD (asesor of of Guidance and Counseling Study Program), Asst. Prof. Pakorn Watanachaturaporn (asesor of Physical Education, Health And Recreation), Assoc. Prof. Dr. Thanongsack Duangdala (asesor of Pancasila and Civic Education Study Program), dan Dr. Maria Celeste T. Gonzalez (asesor of Family welfare Education Study Program). Visitasi kali ini, berbeda dengan tahun lalu, yakni dilakukan secara virtual.


Rektor UNP, Prof. Ganefri, PhD., pada penutupan kegiatan kemarin mengatakan, berdasarkan visitasi dari tim tersebut, hampir tidak ada kekurangan, semuanya sudah memenuhi standar yang ditetapkan. Namun demikian, pihaknya tetap akan melakukan berbagai perbaikan dan memperhatikan saran-saran dari tim yang sudah disampaikan, sehingga saat sertifikat itu terbit pada bulan mendatang, semua saran sudah mereka penuhi.


“Dari rekomendasi yang disampaikan, tidak ada temuan-temuan yang sifatnya mayor, semuanya minor. Intinya, lebih kepada saran-saran, terutama terkait kurikulum yang diharapkan bisa mengikuti konsep OBE atau outcome base education dan kami juga disarankan untuk lebih banyak melakukan kerjasama internasional,” terangnya.

 

Segera Disertifikasi

Di samping empat prodi ini, ada 16 prodi lainnya yang akan divisitasi untuk disertifikasi internasional oleh lembaga AUN-QA dan ASIIN dari Jerman. “Rencananya Maret akan ada visitasi lagi. Insya Allah, 20 prodi di UNP tahun ini bisa tersertifikasi internasional,” katanya lagi.


UNP sendiri sejak 2018 disampaikannya telah mempersiapkan diri untuk sertifikasi AUN-QA. Pada 2019, telah berhasil disertifikasi empat prodi, yaitu Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Teknik Elektro. “Sertifikasi AUN-QA telah membawa banyak perubahan positif bagi keempat prodi dan juga bagi UNP. Makanya, kami mendorong prodi lain segera mempersiapkan diri untuk disertifikasi internasional. Semoga langkah yang sudah diambil prodi yang telah siap bisa menjadi motivasi untuk yang belum,” kata rektor.


Sebelumnya, pada penutupan kegiatan, rektor juga berterimakasih kepada para asesor. Dia berharap, dengan pertemuan virtual tidak mengurangi makna pelaksanaan visitasi. “Meski pertemuan diadakan secara virtual, saya sangat berharap hal ini tidak mengurangi kualitas penilaian kepada kami. Kami berharap para asesor dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan lengkap, serta mampu memberikan respon yang sangat baik seperti yang diharapkan dalam standar AUN-QA,” katanya.


Rektor juga mengakui, sertifikasi dan akreditasi internasional merupakan strategi UNP untuk mencapai milestone internasionalisasi, sekaligus menghasilkan lulusan yang berdaya saing global, salah satunya melalui sertifikasi AUN-QA. Secara nasional, UNP lanjutnya, telah mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Akreditasi Institusi “A”.


Kemajuan selanjutnya menurutnya adalah internasionalisasi yang didukung semua sumber daya dengan mempertimbangkan tantangan dan peluang di masa depan. “Secara holistik, program menuju standar internasional harus dilihat sebagai kontribusi UNP, sebagai bagian dari strategi nasional untuk dapat bersaing secara global,” pungkasnya.


Pada kegiatan itu, rektor juga didampingi para mantan rektor sebagai wujud dukungan penuh mereka untuk UNP mendunia. Para mantan rektor itu, yaitu Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd, Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd., Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram serta Ketua Senat UNP Prof. Dr. Sufyarma M, M.Pd.


(*/eds)

×
Berita Terbaru Update