YHLI Jadikan Kawasan Ponpes Buya Hamka Sebagai Pusat Penghijauan Danau Maninjau

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

YHLI Jadikan Kawasan Ponpes Buya Hamka Sebagai Pusat Penghijauan Danau Maninjau

Jumat, 15 Januari 2021 | 06:31 WIB Last Updated 2021-01-14T23:31:00Z
Pondok Pesantren Prof Dr Buya Hamka.

mjnews.id - Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI) menjadikan kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Prof Dr Buya Hamka sebagai pusat penghijauan Danau Maninjau.


Ketua YHLI Ardedi Tanjung, Kamis (14/1/2021) menjelaskan, pondok pesantren yang berlokasi di perbukitan Jorong Kukuban, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, sangat cocok dijadikan tempat penghijauan terutama penanaman pohon buah produktif.


“Setelah melihat kondisi kawasan pesantre, kami berencana akan menjadikan tempat tersebut sebagai pusat kegiatan penghijauan Danau Maninjau hingga tiga tahun ke depan," katanya.


Dengan demikian kawasan Selingkar Danau Maninjau bisa lebih asri lagi dengan penanaman ribuan pohon.


Kawasan pondok pesantren seluas 8 hektar tersebut akan ditanam ribuan bibit pohon berbuah seperti manggis, kelengkeng, sukun, nangka, alpukat, dan bibit pohon produktif lainnya.


Selain itu, penanaman bibit pohon tersebut akan dilakukan di sepanjang akses jalan perbukitan menuju Ponpes Buya Hamka.


“Kita rencanakan pertengahan tahun 2021 ini kegiatan tersebut terselenggara, sehingga bisa memberikan dampak baik bagi kita demi pelestarian dan penghijauan lingkungan,” katanya.


Pihaknya berharap kepada generasi berikutnya untuk lebih peduli dan berperan serta dalam menghijaukan dan melestarikan lingkungan.


“Jika kita ikut berperan memelihara alam, maka alam akan ikut menjaga kita. Oleh karena itu mari kita cintai alam dan jaga kelestariannya,” katanya.


(irm)

×
Berita Terbaru Update