Akses ke Air Terjun Tujuh Tingkat Padang Ganting Butuh Sentuhan Pemkab Tanah Datar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Akses ke Air Terjun Tujuh Tingkat Padang Ganting Butuh Sentuhan Pemkab Tanah Datar

Senin, 01 Februari 2021 | 23:23 WIB Last Updated 2021-02-01T23:18:17Z
Objek wisata air terjun tujuh tingkat di Jorong Rajo Dani, Kecamatan Padang Ganting, Tanah Datar.

MJNews.id - Akses jalan menuju objek wisata air terjun tujuh tingkat di Jorong Rajo Dani Kecamatan Padang Ganting, yang lokasinya sekitar 2,5 km dari jalan utama dari Rajo Dani, butuh pembenahan. Jalan menuju destinasi wisata ini bisa dilalui dengan kendaraan roda dua, kemudian sekitar 500 meter lagi ditempuh dengan jalan kaki.


Permasalahan inilah yang membuat masyarakat Padang Ganting sangat mengharapkan bantuan Pemkab Tanahdatar, karena perbaikan jalan menuju air mancur tingkat tujuh tersebut butuh dana yang sangat besar


Harapan itu disampaikan Walinagari Padang Ganting, Marzal Umar di Batusangkar, Senin (1/2/2021).


"Kita belum memiliki anggaran untuk membuka akses jalan tersebut secara keseluruhan, dana nagari terbatas. Kita baru bisa membuka akses jalan untuk bisa dilalui kendaraan melalui dana nagari dan swadaya masyarakat. Seluruhnya mencapai sekitar Rp 150 juta, termasuk dukungan masyarakat dan pembebasan tanah sebelumnya sehingga sudah bisa dilalui kendaraan.


Tidak itu saja, selama ini fungsi air terjun tujuh tingkat tersebut sangat membantu masyarakat, karena aliran air terjun tersebut mampu mengairi sekitar 25 hektare lahan pertanian masyarakat dan tidak pernah kering dan betul-betul memberi manfaat kepada masyarakat Nagari Padang Ganting.


Untuk memberi akses jalan itu, ujar Marizal Umar, pemerintah nagari bersama Kapolsek Padang Ganting, Iptu Umar Dhani, Wakapolsek Iptu Syahrial, Kanit Intel Ade Sumandal, Kanit Provos Aipda Kasman, Bhabinkatimas Doni Asrul, Anggota Polsek Sutrianto, Perwakilan Camat Joharnis juga telah mengunjungi objek wisata tersebut.


"Sehingga melalui kunjungan tersebut tentu juga akan memberi motivasi kepada kita untuk membuka jalan pariwisata, apakah melalui gotong royong atau Bhakti TNI," katanya. 


Tidak itu saja, jika akses wisata ini terbuka, dia optimis, ini akan menjadi daya tarik sendiri bagi masyararakat. Selama ini Padang Ganting terkenal dengan pemandian air angeknya sehingga juga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Padang Ganting.


"Dengan meningkatkan kunjungan wisata, tentu juga akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya lagi.


(*/mus)

×
Berita Terbaru Update