Atletik Sumbar Andalkan 8 Atlet ke PON Papua

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 3 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.380 260 27.665 651
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Atletik Sumbar Andalkan 8 Atlet ke PON Papua

Selasa, 02 Februari 2021 | 19:03 WIB Last Updated 2021-02-02T21:56:52Z
Para atlet atletik Sumbar yang tengah melakukan latih tanding di lintasan Atletik Stadion Tri Lomba Juang, Semarang pada 2020 lalu. (dok. pasi sumbar) 

MJNews.id - Cabang olahraga atletik Sumbar berkekuatan delapan atlet ke PON Papua 2021. Delapan atlet itu bakal turun di 11 nomor perlombaan.


Cabang ibu olahraga ini menjadi cabor unggulan Kontingen Ranah Minang saat tampil pada PON 2016 silam di Jawa Barat.


Kala itu, para duta-duta atletik Tuah Sakato memboyong 2 emas, 1 perak dan 5 medali perunggu.


Peraih dua emas saat itu Yaspi Bobi di nomor bergengsi yakni 100 dan 200 meter. Satu perak dibukuian Lusiana Satriani juga dinomor bergengsi 100 meter putri. Sedangkan lima medali perunggu disumbangkan Yulianti Utari di nomor lari 1.500 meter dan 5000 meter, M. Arie Desman di nomor lompat tinggi, Wahyudi Putra lari 5000 meter serta Hamdan Syafril Sayuti di nomor marathon 42.195 Km.


Ketua Umum Pengprov PASI Sumbar, S. Budi Syukur, membenarkan sebanyak delapan atlet berhak tampil di pesta olahraga terbesar di Tanah Air itu.


"PON di Papua, atletik Sumbar meloloskan delapan atlet," kata Budi Syukur, Selasa (2/2/2021).


Dijelaskan Budi Syukur, delapan atlet itu bakal turun di 11 nomor perlombaan. "Mudah-mudahan cabor atletik kembali berkontribusi di PON Papua," kata Budi.


Delapan atlet yang menjadi kekuatan Sumbar itu; Fauma Depril Jumra. Fauma bakal diandalkan di nomor dasa lomba. Rafika Putra turun di dua nomor lontar martil dan lempar cakram. Yaspi Bobi turun di nomor 100 meter.


Berikutnya M. Arie Desman turun di nomor lompat tinggi, Aprilia Kartina bakal bertarung di dua nomor lari yakni 800 meter dan 1.500 meter putri. Selanjutnya Lusiana Satriani diandalkan pada nomor bergengsi sprin 100 meter, Bayu Trianata Sari di dua nomor yaitu lari 5000 meter dan 10.000 meter. Dan Anjelina Eka Putri tampil di nomor perlombaan 20 Km jalan cepat.


Sekretaris Umum PASI Sumbar, Ediwarman menambahkan, delapan atlet itu memang berhak lolos limit waktu yang sudah ditetapkan PB PASI.


Program PASI Sumbar seluruh atlet baik lolos limit maupun lolos ranking di atas itu untuk lokasi atau tempat latihan sudah disiapkan untuk lebih mematangkan persiapan mereka.


Saat ini atlet sedang berlatih di lintasan atletik Stadion Madya, Jakarta yakni Fauma Depril Jumra, Yaspi Bobi, dan Lusiana Satriani. Ketiga atlet ini juga memilih tempat yang sama untuk tahap pematangan.


Rafika Putra berlatih saat ini berlatih di Sijunjung. Ia pilih kota Medan untuk tahap pemantapan. M. Arie Desman saat ini mempergunakan sarana UNP berlatih. Stadion Madya Jakarta jadi target tahap pematangannya.


Aprilia Kartina saat ini tengah fokus berlatih di Ragunan Jakarta. Rencana lokasi tahap pematangan Aprilia pilih di daerah Pangalengan, Jabar. Sedangkan Bayu Triananta Sari dan Anjelina Eka Putri saat ini masih berlatih di Kota Solok. Kedua atlet ini merencanakan pilih Kota Salatiga untuk tahap pemantangan.


"Ya, rencana kita memang para atlet itu nantinya dalam tahap pamatangan sekaligus ajang try out ke empat daerah itu. Rencananya Maret dan April," kata Ediwarman yang sehari-hari berdinas di PDAM Pasaman itu.


Atlet yang di atas tersebut dilatih oleh Ediwarman, Hendra Ferry, Anwar dan Rori Satria Putra. Nama terakhir juga tengah diusulkan oleh Pengprov PASI Sumbar untuk bisa masuk tim atletik ke PON Papua.


(Dede Amri)

×
Berita Terbaru Update