Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 23 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.750 230 26.991 642
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Calon Wakil Walikota Padang Diperkirakan Bukan dari Partai

Senin, 01 Februari 2021 | 20:01 WIB Last Updated 2021-02-01T13:01:01Z

MJNews.id - Teka-teki siapa pengganti orang nomor dua di Padang atau Wakil Walikota terus bergulir menjelang Wawako yang menjabat saat ini Hendri Septa dilantik jadi Walikota Padang.


Dari informasi dihimpun di lapangan dan sumber yang bisa dipercaya, beberapa nama mencuat untuk calon wakil walikota Padang tersebut. Dimulai dari nama Muharlion anggota DPRD Padang, Rahmat Shaleh, anggota DPRD Sumbar dan Muhidi anggota DPRD Padang yang semuanya dari Partai Keadilan Sosial (PKS).


Selanjutnya, nama calon dari PAN pun juga ada yang mencuat tapi belum semencuat yang berasal dari PKS.


Ketiga nama dari calon PKS itu, memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Sebut saja Muharlion yang saat ini menjabat Ketua DPD PKS dan juga suara terbanyak di dapilnya saat Pileg lalu. Begitu juga dengan Rahmat Shaleh memiliki massa yang cukup banyak. Namun, ada sisi lain yang menguntungkan bila Rahmat Shaleh dipilih jadi Wawako dengan naiknya Nelly Mahyeldi sebagai Pengganti Antar waktu (PAW). 


Selanjutnya, calon lain Muhidi juga kader PKS yang sangat berpengalaman dan pernah juga menjabat Ketua DPD PKS Kota Padang.


Salah seorang warga Padang, Dedi mengatakan, untuk menjabat wawako harus orang yang paham tentang kondisi Kota Padang dan memiliki pengalaman untuk membangun Kota Padang.


Namun, dari sumber lain yang bisa dipercaya adapula kemungkinan yang bakal dipilih untuk calon wakil walikota tersebut dari bukan latar belakang pengurus PKS tetapi kader PKS yang bisa pengaruhnya bisa di partai lain terutama di Partai Gerindra yang bisa menambah dukungan di DPRD Padang.


Selain itu, sosok calon wakil walikota tersebut juga akan mampu bersaing untuk Pilkada 2024. Sehingga, PKS sangat hati-hati menempatkan orang untuk calon wakil walikota tersebut dan termasuk kesepakatannya dengan PAN Kota Padang.


Tak hanya, wakil walikota, Sekdako Padang pun beredar informasi bakal diganti dari Amasrul yang menjabat saat ini dengan Kadis Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri. Sedangkan, Amasrul dikabarkan akan pindah ke provinsi mengikuti Mahyeldi.


Bisa saja, nanti Amasrul menjabat asisten atau salah satu Kepala Dinas. Namun, untuk Sekdaprov, Amasrul belum memiliki kapasitas dan jam terbang yang diharapkan pemimpin baru Sumbar tersebut.

 

Selanjutnya, untuk pengisi Sekdaprov di Provinsi, karena juga akan pensiun pada April 2021, beredar kabar akan diambil dari pamong senior Pemko Padang yang saat ini menjabat salah satu asisten di Pemko Padang.


Namun, itu semua informasi yang berkembang dan keputusan terakhirnya tentu ditangan Walikota Padang dan Gubernur ke depan.


(Effendi)

×
Berita Terbaru Update