Diresmikan Bupati Pessel, Puskesmas Asam Kumbang Miliki Gedung Rawat Inap

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 6 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.646 247 27.982 654
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Diresmikan Bupati Pessel, Puskesmas Asam Kumbang Miliki Gedung Rawat Inap

Selasa, 16 Februari 2021 | 08:01 WIB Last Updated 2021-02-16T18:26:10Z
Bupati Pessel, Hendrajoni bersama tenaga kesehatan dan sejumlah kepala perangkat daerah usai meresmikan gedung rawat inap Puskesmas Asam Kumbang. (ist)

MJNews.id - Puskesmas Asam Kumbang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara kini telah memiliki gedung Rawat Inap. Gedung senilai Rp 2,4 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) 2020 itu, diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Senin (15/2/2021).


Bupati dalam sambutannya menegaskan, pembangunan gedung Rawat Inap Puskesmas Asam Kumbang ini telah terlaksana dengan baik. Kemudian juga diharapkan fasilitas kesehatan di ruang Rawat Inap tersebut harus lengkap, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat berjalan dengan baik.


Lebih lanjut bupati mengatakan, kedepan pelayanan dan sosialisasi kesehatan harus dapat menyentuh langsung seluruh masyarakat, begitu juga terhadap ibu hamil, bayi dan ibu menyusui yang ada di kampung-kampung.


Selain itu, Dinas Kesehatan hendaknya terus membenahi dan memperkuat fungsi seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan kesehatan di kecamatan. "Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kecamatan, fungsinya harus diperkuat, baik dari sisi aparatur maupun pelayanan medis," katanya.


Disebutkan, seluruh petugas Puskesmas diminta melakukan pelayanan kesehatan secara optimal kepada seluruh masyarakat. Begitu juga dengan bidan yang berada di pusat kesehatan nagari (Puskesri) harus berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Sementara setiap Puskesmas juga dituntut untuk memiliki pelayanan unggulan yang berakses langsung ke masyarakat seperti pelayanan kesehatan terhadap beberapa penyakit yang rawan terjadi pada masing-masing daerah kerja Puskesmas tersebut.


Sekarang, setiap kecamatan telah memiliki Puskesmas baik Puskesmas Rawat Jalan maupun Puskesmas Rawat Inap. Sementara Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) juga tersebar di 15 kecamatan yang ada.


"Di sisi lain, kualitas sumberdaya tenaga medis terus ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan. Itu amat penting sehingga pelayanan kesehatan pada masyarakat semakin optimal," ujarnya.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, dr.Satria Wibawa mengatakan, pihaknya tetap konsentrasi membenahi dan memperkuat fungsi Puskesmas yang ada di setiap kecamatan.


Langkah-langkah yang dilakukan adalah meningkatkan disiplin aparatur, pelayanan medis, penyuluhan kesehatan masyarakat, pembenahan dan kebersihan lingkungan Puskesmas dan lainnya.


"Ya, fungsi Puskesmas harus diperkuat baik dari sisi aparatur maupun pelayanan medis. Namun tentu harus didukung dengan anggaran yang memadai, sehingga fungsi tadi dapat berjalan sebagaimana mestinya," ucapnya.


(man)

×
Berita Terbaru Update