DP3AP2KB Kota Payakumbuh Adakan Technical Meeting Calon Duta Genre 2021

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.226 365 31.834 747
sumber: corona.sumbarprov.go.id


DP3AP2KB Kota Payakumbuh Adakan Technical Meeting Calon Duta Genre 2021

Kamis, 18 Februari 2021 | 10:07 WIB Last Updated 2021-02-18T09:09:24Z

MJNews.id - Dalam rangka pelaksanaan pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Payakumbuh tahun 2021, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan Technical Meeting (Pembekalan) untuk menambah wawasan dan pengetahuan calon duta Genre yang diadakan di Aula Kantor DP3AP2KB, Rabu (17/2/2021). 


Peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah Pelajar SMA dan sederajat yang telah melalui seleksi pemilihan Duta Genre hingga tersisa 30 orang. Beberapa tahapan yang di lakukan dalam pemilihan Duta Genre kota Payakumbuh Tahun 2021 yaitu technical meeting yang diadakan pada tanggal 17-19 Februari 2021 dan Pemilihan Duta GenRe yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2021 mendatang. 


Hadir dalam kegiatan tersebut, Ny. Machdalena Erwin Yunaz yang menjadi Narasumber sekaligus mewakili Bunda GenRe Kota Payakumbuh mengatakan Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.


“Program GenRe adalah suatu wadah dalam pengembangan karakter bangsa. Melalui wadah ini kami mengajak kepada remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah, dan Napza. Hal itu tentunya untuk menciptakan remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan,” ucapnya.


Ditambahkan, Remaja Indonesia saat ini adalah generasi milenial, generasi yang hidup di alam keterbukaan, kebebasan berekspresi, dan dibanjiri beragam informasi yang tentunya muncul beragam persoalan di kalangan remaja.


“Jika remaja  menjadi Generasi Berencana, saya berharap mampu menjadi remaja yang tangguh siap menghadapi masa depan dengan terencana,” jelasnya.


Menurut Machdalena, melalui pemilihan Duta GenRe ini, para remaja dapat memiliki perencanaan dalam hidupnya. Pihaknya juga mengajak generasi muda merencanakan hidup dengan matang.


“Tantangan saat ini cukup berat bagi generasi muda. Perkembangan teknologi dan kebebasan harus disikapi dengan bijak, jangan larut, hidup adalah pilihan, pilihan adalah perencanaan,” pungkas Machdalena.


Senada, Kepala DP3P2KB Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Ipendi mengatakan di Kota Payakumbuh Pemilihan Duta Genre tahun 2021 ini adalah yang kedua kali sejak digalakkan pada tahun 2020 lalu. 


Ipendi menjelaskan Genre merupakan suatu program dari BKKBN pusat kepada OPD yang ada di Kabupaten/Kota, yang sasaran programnya adalah terwujudnya tegar remaja dimana para remaja akan diberikan pembinaan dan pengetahuan untuk menghindari pernikahan dini, seks pra nikah dan penggunaan NAPZA.


Program Genre meliputi Life Skill, Kesehatan Reproduksi Remaja, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, dan Kependudukan dan pembangunan keluarga. Melalui Program ini, remaja dibina serta diarahkan agar mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja.


“Program ini diterapkan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Metodanya dengan cara pendekatan dari, oleh dan untuk remaja. Hal itu menyesuaikan dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebayanya,” pungkas Ipendi.


(yay)


loading...



×
Berita Terbaru Update