Gelar Makan Basamo, Sejumlah Tokoh Payakumbuh Hadir di Koto Nan Gadang

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 25 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.919 220 27.229 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Gelar Makan Basamo, Sejumlah Tokoh Payakumbuh Hadir di Koto Nan Gadang

Minggu, 21 Februari 2021 | 00:16 WIB Last Updated 2021-02-20T17:19:05Z

MJNews.id - Sejumlah tokoh dan pemuka masyarakat Kota Payakumbuh, tiba-tiba hadir pada satu titik. Pemandangan yang jarang ada ini, tercipta saat diadakannya acara Makan Basamo (Makan Bersama) di atas daun pisang, Sabtu (20/2/2021) malam di Balai Gadang, Nagari Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.


Makan basamo atau acara tanak-tanak merupakan tradisi Nagari Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara yang telah berlangsung sejak sebelum Kemerdekaan 1945. Tujuan acara tanak-tanak ini untuk mengikat tali silaturrahim lebih erat lagi sesama masyarakat Kota Payakumbuh.


Lewat makan basamo yang diprakasai Om Ben, sejumlah tokoh Payakumbuh hadir, diantaranya Pimpinan DPRD Kota Payakumbuh, Armen Faindal, SH, Adi Suryatama, YB. Dt. Parmato Alam, Wirman Putra Dt. Mantiko Alam, Dt. Sindo, H. Wan Martabak, Wakil Ketua KAN Koto Nan Gadang, Jon Anadri Dt. Lelo Sati, Yon Alnis Tuangku Malin Bagogo Nan Runciang, Arif Malano, Refidon  Putra, Andrifal, Robi dan pemuda setempat. 


Om Ben dalam kesempatan ini mengatakan, ini merupakan sebuah wadah dalam mengikat tali silaturrahim  yang lebih erat lagi. 


"Makan basamo malam ini, merupakan salah satu pengikat tali silaturrahim di tengah masyarakat. Tentu tradisi ini harus kita pertahankan terus," ujar Om Ben. 


Sejumlah tokoh Payakumbuh hadir di acara tanak-tanak Koto Nan Gadang.

Senada YB. Parmato Alam juga mengatakan bahwa malam ini  sangat luar biasa sekali. Di mana sejumlah tokoh berkumpul, berbaur menjadi satu dalam Ikatan silaturrahmi  dalam acara makan basamo  pada hari ini. 


"Sangat bersyukur tradisi makan basamo masih terjaga dengan baik. Harapan kita pertahan terus. Dengan makan basamo ini kita terus menjalin komunikasi yang bermanfaat buat masyarakat. Di samping itu, kita sangat bersyukur bahwa masyarakat telah respek terkait dengan Demokrasi yang ada di Payakumbuh. Mudahan Kekerabatan dengan tradisi makan basamo ini melahirkan ide gagasan yang berguna buat kemajuan Payakumbuh, "kata ketua DPD Partai Golkar Kota Payakumbuh itu. 


Sementara itu, Wakil Ketua KAN Koto Nan Gadang, Dt. Lelo Sati juga menyampaikan pertama kali mengucapkan terimakasih kepada Om Ben telah bisa mengumpulkan kita bersama pada acara makan bersama ini. Di mana tradisi ini telah ada di zaman Penjajahan dulu. Semoga nagari lain bisa mengikuti tradisi yang ada di Koto Nan Gadang ini," ucap Dt. Lelo Sati. 


Terpisah Ketua DPC Demokrat Adisuryatama juga mengucapkan terimakasih kepada tuan rumah dengan adanya jamuan makan ini. Semoga pertemuan ini semakin mempererat tali silaturahmi selaku umat beragama," sebut Adi. 


Selain itu, selaku Partai Demokrat kami bersilaturrahmi dengan masyarakat untuk menggali informasi. Seterusnya terkait Pilkada Partai Demokrat memiliki 3 Kursi di DPRD Payakumbuh. Untuk itu kita mengharapkan masyarakat peduli dan atensinya bagaimana melahirkan Putra terbaik Payakumbuh untuk menjadi pemimpin. "Marilah kita bangun komunikasi dan kebersamaan," imbuh Adi. 


Di lain tempat, Ketua Partai Berkarya Refidon Putra juga mengatakan, Kami mewakili Partai Berkarya, mudah-mudahan acara ini bisa kita lestarikan. Terkait dengan Pilkada terlepas digelar pada tahun 2022 atau tahun 2024, mari kita pupuk kebersamaan untuk mewujudkan Payakumbuh maju. 


Armen Faindal yang hadir saat itu juga mengatakan, berbicara politik sudah disampaikan oleh Ketua DPC Demokrat. Secara lahir menyambung silaturrahim. Tetapi batiniah tentu acara tanak-tanak ini sungguh luar biasa. Karena dihadiri berbagai kalangan. Baik dari Niniak Mamak, serta dari Partai Politik dan tokoh masyarakat," ujarnya singkat.


(yud)

×
Berita Terbaru Update