Kepulauan Mentawai Mulai Vaksinasi Covid-19 Sebelum Pencanangan

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Kepulauan Mentawai Mulai Vaksinasi Covid-19 Sebelum Pencanangan

Rabu, 03 Februari 2021 | 16:45 WIB Last Updated 2021-02-03T21:55:11Z
Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai saat melakukan screening dalam pencanangan vaksinasi Covid-19. (ist)

MJNews.id - Pemkab Kepulauan Mentawai melakukan pencanangan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kepada pejabat esensial dan tokoh masyarakat setempat. Dari 34 orang yang dilakukan penyaringan (screening), hanya 12 orang yang dinyatakan lolos untuk diberikan vaksin Covid-19.


Diantaranya Ketua DPRD, Pasi Intel Kodim 0319/Mentawai, Kapolres, Kajari, Kepala Pelaksana Badan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Ketua Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI), Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan terakhir, Kepala Dinas Kesehatan.


Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar menyampaikan pemberian vaksin Covid-19 terdiri dari empat gelombang. Tahap pertama menyasar kepada tenaga kesehatan, gelombang kedua kedua petugas pelayanan publik, gelombang ketiga masyarakat dan gelombang keempat masyarakat lanjut usia (lansia).


"Hari ini kita pencanangan, tapi kami sudah melakukan vaksinasi duluan, karena sesuai arahan Kemenkes harus bisa memvaksin satu juta orang per hari, jadi harus dikejar, tidak harus menunggu waktu pencanangan, walaupun pencanangan itu diwajibkan. Kami sudah melakukan vaksinasi di Puskesmas Mapaddegat sebanyak 48 orang, Puskesmas Peipei 16 orang, dan hari ini 29 orang tenaga kesehatan di RSUD, total kami sudah malakukan vaksinasi kepada 93 tenaga kesehatan. Dan masih akan berlanjut kepada nakes yang ada di puskesmas lainnya," ujar Lahmuddin di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (3/2).


Sasaran pemberian vaksin berdasarkan usia sasaran 18 tahun sampai dengan 59 tahun. Di Kabupaten Kepulauan Mentawai setidaknya mencatat sebanyak 51.996 orang yang akan diberikan vaksinasi Covid-19.


"Vaksin yang kita terima pada 29 Januari lalu yaitu sebanyak 2.480 dosis dan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Jadi hari ini kita diberi ruang untuk 10 pejabat esensial, namun kami mengundang lebih dari 10 orang, minimal nanti bisa dilaporkan 10 orang pejabat esensial ataupun tokoh masyarakat," pungkas Lahmuddin.


Sebanyak 22 orang pejabat esensial mulai dari bupati, wakil bupati, sekretaris daerah, sampai kepada tokoh-tokoh masyarakat yang dinyatakan belum lolos untuk dilakukan pemberian vaksin, kebanyakan diakibatkan oleh hipertensi.


(jon)

×
Berita Terbaru Update