Kewenangan Diambil Pusat, Bidang Minerba Dinas ESDM Sumbar Terlantar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 4 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.467 251 27.798 652
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Kewenangan Diambil Pusat, Bidang Minerba Dinas ESDM Sumbar Terlantar

Selasa, 02 Februari 2021 | 00:04 WIB Last Updated 2021-02-01T17:46:34Z
Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumbar, H. Herry Martinus.

MJNews.id - Sejak perpindahan perizinan jenis komoditi Sumber Daya Alam (SDA) Mineral dan Batu Bara (Minerba) dari pemerintah provinsi menjadi kewenangan pemerintah pusat, maka Bidang Minerba di Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pun nyaris belum jelas kegiatannya.


Hal ini diungkapkan Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumbar, H. Herry Martinus melalui Kabid Minerba Jon Edwar, saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (1/2/2021).


"Satu Bidang Minerba di Dinas ESDM Sumbar menjadi bidang yang belum jelas kegiatannya," ujarnya. 


Terkait ini pun, pihak pemerintah pusat juga menitipkan bagian administrasi dari bagian pertambangan pemerintah pusat di lantai 3 dengan baju dinas berwarna putih.


"Itu bagian utusan dari kewenangan pemerintah pusat dari sektor pertambangan," ungkap Jon Edwar.


Pokoknya, seluruh perizinan yang berkaitan dengan SDA-Minerba telah pindah kewenangan kepada pemerintah pusat seperti perizinan tambang batu bara, dan tambang emas, serta yang lainnya yang terkait dengan Minerba. 


"Perpindahan kewenangan ini, menurut Jon Edwar, berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan Minerba," jelasnya.


Dengan perpindahan kewenangan perizinan bidang Minerba menjadi kewenangan pusat, jelas Bidang Minerba di Dinas ESDM Sumbar perlu solusi dan perlu kajian ke depannya. 


"Ya, otomatis alur kewenangan perizinan Minerba tak lewat sini lagi," sebut Jon Edwar, yang senang bercanda sambil menjelaskan. 


Namun demikian, terkait ini pelaku usaha mengurus perizinan lewat perangkat Informasi Teknologi (IT) elektronik. 


"Ya, guna memudahkan pelaku usaha bidang tambang Minerba, tak harus pula ke pusat cukup lewat internet, saja sesuai petunjuk untuk pengurusan perizinannya," imbuhnya. 


"Segala yang terkait dengan perizinan Minerba tak mampir ke sini lagi," pungkasnya.


(Obral Caniago)

×
Berita Terbaru Update