Kota Solok Kedatangan Tamu dari AS, Perkenalkan Cabang Olahraga Baru Pickleball

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.226 365 31.834 747
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Kota Solok Kedatangan Tamu dari AS, Perkenalkan Cabang Olahraga Baru Pickleball

Kamis, 18 Februari 2021 | 12:25 WIB Last Updated 2021-02-18T20:58:04Z
Kadispora Kota Solok, Dodi Osmond, Sekretaris Mursal dan Kabidnya bersama dengan Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Kemenpora RI, Maifrizon dan lainnya. (ist)

MJNews.id - Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Solok kedatangan tamu spesial dari Amerika Serikat (AS), Tarmizi Mawardi di Sport Hall Kota Solok, Rabu (17/2/2021).


Kedatangan Tarmizi Mawardi didampingi Asisten Deputi Olahraga Rekreasi dari Kemenpora RI, Maifrizon disambut hangat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Dodi Osmond bersama Sekretarisnya Mursal, Kabid Olahraga Prestasi, Ochtavia Sulastri dan staff Dispora.


Kedatangan mereka adalah dalam rangka memperkenalkan cabang baru olahraga yang sedang berkembang di Amerika Serikat yaitu Pickleball. 


Pelatih Pickleball PPR (Professional Pickleball Registry) dari Amerika Serikat memaparkan Pickleball, olahraga berasal dari Amerika yang ditemukan di Bainbridge Island, Washington DC, oleh Barney McCallum dan Joel Prichard. 


Olahraga ini sudah berkembang di negara Eropa. Sementara di Asia masih dalam tahap pengenalan. Permainan cabang olahraga Pickleball diperagakan dan disaksikan Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Kemenpora RI.


Pickleball, olahraga yang dimainkan dengan semacam alat pemukul dan menggunakan bola. Olahraga ini khusus dimainkan di atas lapangan berukuran lebar 20 kaki dan panjang 44 kaki yang dipisahkan sejenis net tenis lapangan.


Lapangan Pickleball terbagi menjadi beberapa bagian yaitu sisi kanan/sisi genap dan sisi kiri/sisi ganjil serta zona non-voley. Servise dilakukan secara diagonal ke area lawan dengan pukulan rendah. 


Bola dipukul kembali melewati net hingga salah seorang pemain tidak mampu mengembalikan bola ke lapangan lawan atau gagal mengikuti ketentuan tertentu. Poin dihitung hanya untuk sisi yang melakukan servis.


Jika server berhasil memenangkan reli maka server akan memperoleh poin. Server akan terus melakukan servis kecuali jika server melakukan kesalahan dan kalah dalam reli.


Bagi yang terlebih dahulu memperoleh poin 11 dan memimpin dengan minimal dua skor di atas lawan maka dianggap menang. 


“Sebagai contoh jika kedua sisi seri dengan skor 10 maka permainan dilanjutkan hingga salah satu sisi berhasil memimpin dua poin di atas poin lawan. Permainan ini dapat dilakukan single atau double. Namun, permainan ini lebih populer dimainkan double. 


“Pickleball merupakan cabang olahraga baru yang sangat digandrungi di Amerika Serikat dan Eropa. Di Amerika Pickleball lahir tahun 1965. Di Indonesia baru berkembang sejak 2019 yang lalu. Disana olahraga ini sudah di pertandingkan secara rutin. Kami membawa olahraga ini ke Kota Solok sebagai alternatif baru bagi masyarakat, karena permainan olahraga ini sangat simple dan mudah dimengerti,” kata Tarmizi Mawardi, putra Solok yang sudah 20 tahun menetap di Amerika Serikat.


Kota Solok merupakan kota ke lima yang dikunjungi di Sumatera Barat. 

"Mudah-mudah dengan peragaan olahraga Pickleball ini membuat minat masyarakat untuk memainkannya semakin luas," ucapnya. 


Kadispora Kota Solok, Dodi Osmond mengatakan, cabang olahraga Pickleball ini sangat baru Indonesia dan Kota Solok menjadi kota yang kelima dari peragaan olahraga Pickleball.


Kadispora mengajak seluruh yang hadir agar bersama-sama mengembangkan dan menyampaikan ke masyarakat luas apa itu olahraga Pickleball. 


Sementara itu, Sekretaris Dispora Kota Solok, Mursal mengatakan jika telah masuk ke cabang olahraga di KONI Pusat, sudah tentu Kota Solok akan mengikuti. 


“Apalagi di masuk dalam agenda porprov,” ujar Sekretaris Dispora, Kamis (18/2/2021).


(yas)


loading...



×
Berita Terbaru Update