Mantul! Kampuang Sarugo Limapuluh Kota Masuk Tiga Besar API Award 2020

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 13 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.227 349 31.051 722
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Mantul! Kampuang Sarugo Limapuluh Kota Masuk Tiga Besar API Award 2020

Rabu, 17 Februari 2021 | 17:04 WIB Last Updated 2021-02-17T18:06:36Z
Sesudut kegiatan masyarakat di Kampuang Saribu Gonjong, di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Limapuluh Kota. (ist)

MJNews.id - Ini tentang kampuang Saribu Gonjong. Kampuang elok di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Limapuluh Kota. Kampuang berjuluk wisata kampung "sarugo" yang masih dijaga keasrian, serta kearifannya. Warganya ramah, senyum mereka tulus tak dibuat-buat.


Di kampung ini tidak ada jaringan seluler. Yang ada hanya wifi.id milik pihak swasta. Kalaupun mau menelpon sanak keluarga di rantau, warga setempat harus mencari ketinggian, saat pagi atau sore hari atau membeli wifi.id yang dijual dalam bentuk voucher dengan kisaran harga tiga ribu hingga lima ribu per jam. Itupun kalau punya Android.


Meski terbatas oleh akses jaringan seluler, namun kampung "desa" tersebut masuk tiga besar, setelah bersaing dengan kontestan lain dalam Ajang Pesona Indonesia tahun 2020 kategori Kampung Adat Terpopuler API 2020.


Hal itu terlihat dalam website anugerahpesonaindonesia.com/ dan postingan akun instagram @apiaward pada Rabu (17/2/2021). Dalam postingan akun "centang biru" itu menuliskan, Panitia Penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia dengan bangga menyampaikan tiga nominasi terbaik yang menjadi juara pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020).


Tiga besar dalam Kategori Kampung Adat itu ialah Kampung Adat Namata, Kab. Sabu Raiju. Kemudian disusul Kampung Sarugo, Kab. Lima Puluh Kota dan Pelangi Kenidai, Kota Pagar Alam. Rencananya, Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020) yaitu kegiatan pengumuman dan penyerahan penghargaan kepada para Juara API 2020 sekaligus penutupan kegiatan tersebut, akan berlangsung di Labuan bajo – Nusa Tenggara Timur, Jumat (19/02/2021).


"Dengan sangat berat hati kami sampaikan bahwa kegiatan tersebut ditunda pelaksanaannya sementara waktu hingga pemberitahuan lebih lanjut. Penundaan jadwal pelaksanaan tersebut dikarenakan kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar dan belum adanya izin resmi terkait pelaksanaan kegiatan Malam API 2020 pada kondisi pandemi Covid-19 khususnya di Nusa Tenggara Timur," begitu tertulis di websitenya. 


Ketua Pokdarwis Kampuang Sarugo Limapuluhkota, Rici Chandra melalui wakil ketua, Zill Basariko menyebut, suatu kebanggaan masuknya kampung wisata Sarugo dalam tiga besar ajang API Award.


Mereka berharap kampung Sarugo makin dikenal khalayak ramai, serta masyarakat makin terpacu untuk mengembangkan dan melestarikan potensi anak nagari, adat, budaya yang ada di kampung itu.


Saat ini, masyarakat Kampung Sarugo tengah menunggu tropi API Award. "Di sisi lain kita juga berharap, kampung saribu gonjong lebih diperhatikan pemerintah khususnya pada pembangunan infrastruktur," ungkap Zill Basariko.

 

(***)


loading...



×
Berita Terbaru Update