Pejabat Publik Esensial Padang Pariaman Disuntik Vaksin Covid-19

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 7 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.706 249 28.022 654
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Pejabat Publik Esensial Padang Pariaman Disuntik Vaksin Covid-19

Senin, 01 Februari 2021 | 14:45 WIB Last Updated 2021-02-01T19:59:25Z
Dandim 0308 Pariaman menjalani vaksinasi Covid-19 di IKK Parik Malintang, disaksikan Bupati Ali Mukhni. (ist)

MJNews.id - Sebagai bentuk komitmen bersama dalam pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan Covid-19, Pemkab Padang Pariaman melalui Dinas Kesehatan mengadakan launching pemberian vaksinasi kepada pejabat publik esensial, Senin (1/2/2021) di Hall IKK Parik malintang.


Bupati Ali Mukhni mengatakan, Padang Pariaman sejak Minggu 17 Januari hingga Minggu 31 Januari berada pada zona kuning. Artinya, upaya pemeriksaan swab bagi guru-guru SD, SMP dan SMA sangat mendukung pengendalian sebaran Covid-19. Sekaligus mendukung Instruksi Bupati nomor 1 tahun 2021 tentang pembelajaran tatap muka semester genap 2020/2021.


“Dalam rangka penanggulangan pandemi, tidak hanya dilaksanakan dari sisi penerapan protokol kesehatan saja. Namun juga intervensi dengan vaksinasi sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit Covid," kata dia.


Menurutnya, vaksinasi dilakukan dengan strategi yang tepat pada kelompok sasaran prioritas. Tahap pertama penerima vaksin sebanyak 2.520 sasaran untuk dua kali penyuntikan berselang 14 hari adalah tenaga kesehatan. "Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan yang selalu kontak dengan kasus Covid ini,” ujarnya.


Setelah tenaga kesehatan, kata Ali Mukhni, pejabat publik essensial yang berasal dari eksektutif, legislatif, Polri, TNI, kejaksaan, Kemenag, ASN dan masyarakat, serta dilanjutkan untuk pelayan publik lainnya secara bertahap.


“Hari ini dilaksanakan launching pemberian vaksinasi kepada pejabat publik esensial, sebagai bentuk komitmen kita bersama dalam pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Covid-19. Saya menghimbau kepada sasaran penerima vaksin yang sudah ditentukan dan berdasarkan hasil skrining kesehatan, bisa divaksinasi sesegera mungkin. Orang yang sudah divaksin berarti melindungi diri, keluarga bahkan masyarakat dari tertularnya Covid,” ungkapnya.


Vaksinasi diberikan pertama kepada Kapolres Padang Pariaman, dilanjutkan kepada Dandim 0308 Pariaman, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kepala Dinas Kesehatan.


Pemberian Vaksin dilaksanakan melalui empat tahap. Pertama registrasi penerima vaksin, selanjutnya melakukan screening untuk pengecekan kesehatan penerima vaksin. Jika memenuhi syarat, dilanjutkan pemberian vaksin. Namun jika tidak, pemberian vaksin tidak dilanjutkan. Setelah dilakukan vaksinasi akan dilanjutkan dengan melakukan pencatatan dan observasi selama 30 menit.


(sul)


loading...

×
Berita Terbaru Update