Pengda INI Tanah Datar Seleksi ALB Notaris

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 24 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.837 214 27.119 642
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Pengda INI Tanah Datar Seleksi ALB Notaris

Minggu, 14 Februari 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-02-14T15:00:05Z
Pengurus PP INI, Ruri Meutia memasangkan pin pada peserta ALB terbaik pada Githa Fitria Lisa Ulfa. (ist)

MJNews.id - Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Tanah Datar menggelar seleksi anggota luar biasa (ALB) Notaris. Seleksi tersebut menjadi salah satu tahapan untuk menjadi notaris.


Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan diskusi terbatas mengangkat tema etika profesi menciptakan notaris yang bermartabat (officium nobile).


“Ini bagian dari amanah UU Jabatan Notaris, kita harus memfasilitasi calon-calon notaris,”sebut Ketua Pengda INI Tanah Datar, Muhammad Yus, Minggu (14/2).


Kegiatan itu diikuti sebanyak 50 peserta, 12 orang diantaranya peserta ALB. Panitia sengaja membatasi jumlah peserta diskusi, guna memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.


Ketua Pengada INI Tanah Datar, Muhammad Yus mengatakan, calon notaris sebelum memasuki rumah besar INI harus mengikuti tahapan seleksi lebih dulu. Perlu mengetahui dengan baik tentang Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Ikatan Notaris Indonesia (INI).


“Yang terpenting perlunya untuk memahami tentang Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris dan juga kode etik,” ujarnya.


Dikatakannya, setelah pelaksanaan ujian seleksi calon ALB, peserta akan menerima sertipikat bagi yang lulus, dan akan dilanjutkan dengan proses mendaftatkan diri sebagai ALB melaui website INI. Dengan tercatat sebagai ALB peserta dapat memulai magang di kantor notaris, dengan kriteria sudah ditetapkan oleh aturan perkumpulan.


Hadir dalam kesempatan itu, sebagai nara Sumber Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Pengwil INI Sumbar, Leny Agustan. Ketua Bidang Organisasi Pengwil INI Sumbar, Heri Tito Rinaldi.


Dalam kesempatan itu, Leny menitik beratkan bagi calon notaris harus dapat memahami AD/ART INI. Kemudian menjaga marwah profes notaris. Selain itu, bagaimana dapat menjalankan prosesi notaris dengan amanah.


“Etika itu lebih penting, jika kita mengacu pada UU Jabatan Notaris, semua etikanya sudah ada disana. Sepanjang kita berada dijalur itu, maka notaris sudah dapat menjalakan profesinya dengan benar,” ujarnya.


Seleksi dan diskusi bersama tersebut berlangsung di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (13/2/2021).


(yse/zbk)

×
Berita Terbaru Update