Pertap dan Wawako Payakumbuh Perbaiki Rumah Warga Tak Mampu

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 24 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.837 214 27.119 642
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Pertap dan Wawako Payakumbuh Perbaiki Rumah Warga Tak Mampu

Minggu, 14 Februari 2021 | 11:22 WIB Last Updated 2021-02-14T19:24:30Z

MJNews.id - Bentuk kepedulian komunitas Persatuan Tali Asih Payakumbuh (Pertap) dalam kegiatan Jumat Berkah, memberikan hasil yang sangat bagus bahkan terkesan di luar dugaan. Pada Jumat (12/2/2021) lalu dilakukan rehab atau bedah rumah milik Rifdi Yosanmanta atau Arif, 38 tahun. Bahkan bantuan swadaya juga turut digalang oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz.


Rumah Arif sendiri sudah pernah diajukan untuk menerima bantuan program rehab rumah dari APBN/APBD Kota Payakumbuh. Akan tetapi karena status tanah yang ditempati rumah Arif bukan milik pribadi dan belum ada persetujuan pemilik lahan untuk menghibahkan atau menguasakan pemakaian dalam jangka minimal 10 tahun, maka bantuan RTLH buat Arif tidak bisa diberikan.


Namun demikian, itu tidak menyurutkan langkah donatur dan Pertap untuk melakukan rehab terhadap rumah Arif itu. Komunitas Pertap bekerjasama dengan ibu-ibu perantau Minang Indo Jalito, dengan dijembatani oleh Wawako Erwin Yunaz, akhirnya bisa mampasamoan dan melaksanakan proses rehab atau bedah rumah ini secara perdana.


Sebelumnya, Wawako Erwin didampingi Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, Lurah Sicincin Afrina Hanoum, RAPI, Pertap, PDAM, PLN dan masyarakat Padang Palasan, Kelurahan Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur, sudah mendatangi rumah Arif untuk meninjau dan memastikan bangunannya.


Erwin kepada wartawan mengatakan, dengan adanya bantuan dari pihak ketiga dan donatur ini, diharapkan rumah Arif yang sebelumnya tidak layak huni, menjadi lebih baik dan memenuhi syarat hunian sebuah rumah.


"Berkat hubungan baik dan kerja sama serta bantuan oleh berbagai pihak, akhirnya rehab rumah terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan kedepan, Arief bisa menepati rumah ini dengan nyaman," ujar Wawako.


Sementara itu, Ketua Pertap Hasan Basri mengatakan, selain memberikan bantuan untuk rehap rumah ini, kegiatan rutin Pertap juga menyantuni anak-anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa yang dilakukan setiap hari Jumat.


"Saat itu kami sedang menyantuni anak yatim, mendapat laporan warga ke komunitas Pertap kalau ada salah satu warga rumahnya tidak layak huni. Akhirnya kami mencoba survei ke lokasi, dan benar rumah warga tersebut sangat memprihatinkan," ucapnya.


Seluruh pihak yang terlibat berharap, dengan terbangunnya rumah baru ini, membuat Arif dan istrinya Rita lebih nyaman beristirahat tanpa harus memikirkan hujan bocor dan tergenang air.


"Kami sangat berterimakasih kepada Wawako Erwin Yunaz serta Indo Jalito dalam Jumat Berkah ini, yang ikut memberi bantuan kepada warga untuk merehab rumah. Tentunya kami juga siap menampung serta menerima sumbangan untuk kegiatan selanjutnya," tambah Wakil Pertap, Seprianto.


(*/yay)

×
Berita Terbaru Update