Puskesmas Parak Karakah Diresmikan, Wawako Berharap Pelayanan Kesehatan Makin Optimal

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 6 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.646 247 27.982 654
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Puskesmas Parak Karakah Diresmikan, Wawako Berharap Pelayanan Kesehatan Makin Optimal

Kamis, 04 Februari 2021 | 03:33 WIB Last Updated 2021-02-04T18:57:01Z

MJNews.id - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Parak Karakah yang sebelumnya merupakan Puskesmas Pembantu (Pustu), akhirnya telah selesai pembangunannya.


Puskesmas yang terletak di Komplek Pilano Jaya I, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur itu pun diresmikan Wakil Walikota Hendri Septa, Rabu (3/2/2021).


Juga hadir dalam kesempatan itu Anggota DPRD Padang Muhidi dan Irawati Meuraksa, unsur Forkopimca dan elemen serta stakeholder terkait se-Kecamatan Padang Timur.


Dalam sambutan dan arahannya wawako menyampaikan, atas nama pemko sangat menyambut baik telah selesainya pembangunan gedung dan diresmikannya penggunaan layanan kesehatan di Puskesmas Parak Karakah tersebut. Hal ini merupakan bahagian upaya Pemko dalam melengkapi sarana dan prasarana pendukung kesehatan bagi masyarakat.


"Alhamdulillah, saat ini telah bertambah satu lagi Puskesmas di Kecamatan Padang Timur. Keberadaan Puskesmas tersebut sangat diidam-idamkan warga selama ini, dan kita bersama mampu menghadirkannya," ungkap wawako didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Ferimulyani dan Camat Padang Timur Ances Kurniawan.


Wawako pun berpesan agar Puskesmas Parak Karakah senantiasa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal bagi masyarakat. 


"Jangan masyarakat kita yang berobat malah merasa susah ketika berobat. Justru kitalah yang harus mengobati penyakit yang mereka derita secara cepat dan baik," imbau Wawako.


Sebagaimana diketahui, Puskesmas Parak Karakah tersebut dibangun mulai sejak 2020 dengan menggunakan anggaran dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Kesehatan melalui dana APBN senilai Rp2,4 miliar lebih. 


Kepala Dinas Kesehatan Ferimulyani Hamid mengatakan, Puskesmas Parak Karakah ini sebelumnya merupakan Pustu yang telah berubah status menjadi Puskesmas.

Menurut dia, sejauh ini di Kecamatan Padang Timur yang berpenduduk 90 ribu jiwa, telah memiliki permasalahan dikarenakan hanya memiliki satu Puskesmas yakni Puskesmas Andalas. Sementara, idealnya satu Puskesmas itu melayani 30 ribu warga, karena yang dilayani bukan hanya kesehatan perorangan tapi kesehatan masyarakat.


"Maka dari itu, hadirnya Puskesmas Parak Karakah ini, diharapkan dapat semakin mendekatkan dan memudahkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan. Dengan adanya Puskesmas ini, masyarakat yang berada di tiga kelurahan di kecamatan setempat memiliki fasilitas kesehatan yang berada di dekat dengan akses warga tersebut," imbuhnya.


Selama ini Pustu Parak Karakah merupakan bagian dari Puskesmas Andalas yang memberikan pelayanan terhadap 30.400 warga di tiga kelurahan, yakni Kubu Dalam Parak Karakah, Parak Gadang Timur dan Kelurahan Marapalam. Jumlah tersebut menurut Mela sudah cukup untuk menjadikan Pustu Parak Karakah menjadi Puskesmas krena idealnya sebuah Puskesmas melayani 30 ribu orang.


Dalam peresmian penggunaan Puskesmas Parak Karakah tersebut, ditandai dengan pengguntingan pita, pelepasan selubung nama dan penyerahan kunci Gedung Puskesmas secara simbolis. Acara pun berjalan lancar dan sesuai mengacu protokol kesehatan Covid-19.


(*/eds)

×
Berita Terbaru Update