Sekda Aswirman Jadi Pelaksana Harian Bupati Solok

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Sekda Aswirman Jadi Pelaksana Harian Bupati Solok

Kamis, 18 Februari 2021 | 01:46 WIB Last Updated 2021-02-18T17:17:55Z
Di hadapan Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, Sekda Aswirman menerima tugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Solok dari H. Gusmal, Rabu (17/2/2021), di gedung Solok Nan Indah Arosuka. (ist)

MJNews.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Aswirman menerima tugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Solok yang diserahkan Bupati dan Wakil Bupati Solok periode 2016-2021, Rabu (17/2/2021) di gedung Solok Nan Indah Arosuka.


Mengiringi penyerahan tugas bupati tersebut, Gusmal menginginkan pemerintahan selanjutnya tetap fokus pada pembangunan jangka panjang 2005-2025 untuk mencapai tujuan menjadi kabupaten terbaik dari yang baik.


"Menilik arah pembangunan jangka panjang 2005-2025, artinya ada satu RPJMD lagi atau satu periode lagi bupati yang akan menjalankan rencana pembangunan jangka panjang," ujar Gusmal.


Dijelaskan, sebagai pemerintahan di tingkat daerah sudah melalui beberapa hal dalam menjalankan pembangunan.


Pembangunan utama yaitu RPJMD yang ketiga dalam kurun waktu jangka panjang 2005-2025. "Pembangunan jangka panjang daerah itu hanya satu mottonya menjadi kabupaten baik dari yang terbaik yang dilahirkan dengan Perda nomor 4 tahun 2005," tambahnya.


Selama pemerintahan berjalan sepanjang 2016-2021, menurutnya, tidak ada program yang menyimpang, karena semua program dimasukkan ke dalam format 4 pilar pembangunan.


Selama periode itu, ulas dia, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok cukup bagus, yakni konsisten di angka 5 persen setiap tahunnya dan sudah melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.


Tak hanya itu, ulas Gusmal, kapabelitas aparatur pemeriksa internal pemerintah sekarang sudah berada pada level 3 dan nanti akan juga ada penghargaan. Level 3 sudah merupakan indikator RPJMD yang sudah tercapai.


Gusmal berharap program Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) tetap berjalan secara berkelanjutan. Untuk diketahui, SUBP merupakan program unggulan Gusmal pada periode keduanya sebagai bupati.


Program SUBP tidak menghilangkan kurikulum resmi yang berjalan, hanya saja pihak sekolah menambahkan beberapa pelajaran yang berkaitan dengan keagamaan Islam, untuk peserta didik muslim tentunya.


“SUBP juga untuk mempersiapkan agar para siswa bisa memandu kegiatan keagamaan di luar sekolah, dan yang terpenting untuk menyeimbangkan antara pengetahuan intelektual dan keagamaan,” paparnya.


Gusmal menyampaikan, tugas bupati itu sangat berat karena harus siap melayani masyarakat selama 24 jam. Ia berharap kepada SKPD di lingkungan Pemkab Solok agar memberikan dukungan yang penuh, sportif, dinamis dan konstruktif, sehingga semua program dan semua yang sudah terencanakan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.


"Saya selalu berdoa agar pemerintahan ke depan agar selalu berjalan dengan baik. Ini merupakan harapan saya kepada Sekda sebagai Plh tugas Bupati Solok," pungkasnya.


Menjawab itu, Sekda Aswirman yang akan melanjutkan tugas sebagai Plh Bupati Solok mengatakan, periode 2016-2021 sudah banyak hal yang telah dilakukan bersama. Baik itu Forkopimda maupun SKPD, dan banyak hal yang sudah dicapai. 


"Alhamdulillah kita juga sudah capai tiga tahun berturut-turut meraih opini wajar tanpa pengecualian. Mudah-mudahan tahun sekarang juga dapat kembali," katanya.


Dikatakan, tugas Plh merupakan tugas rutin biasa. Ia berharap kepada seluruh SKPD dan Forkopimda untuk dapat mendukung pemrintahan daerah.


"Ini merupakan tugas berat pada Sekda. Karena itu kita berharap dukungan kepada seluruh yang terkait dalam menyelesaikan tugas kepemerintahan," tutupnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Solok, mengucapkan selamat kepada Plh Bupati Solok Sekdakab Solok Aswirman, dan ke depannya diharapkan dapat menjalankan tugas Plh bupati sebaik mungkin.


(yas)


loading...



×
Berita Terbaru Update