Selamat! 20 Wartawan Lulus KLW PWI Tanah Datar 2021 Angkatan Pertama

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 25 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.919 220 27.229 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Selamat! 20 Wartawan Lulus KLW PWI Tanah Datar 2021 Angkatan Pertama

Senin, 01 Februari 2021 | 15:24 WIB Last Updated 2021-02-01T19:51:07Z
PWI Tanah Datar menggelar Karya Latihan Wartawan (KLW) tahun 2021 di Gedung PKK Komplek Indojalito Batusangkar, Kamis (14/1/2021) lalu. (humas pemkab tanah datar)

MJNews.id - Sebanyak 20 orang wartawan yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar, Senin (1/2), dinyatakan lulus Karya Latihan Wartawan (KLW) Angkatan Pertama yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanah Datar beberapa waktu lalu.


Ketua PWI Tanah Datar, Mustafa Akmal Dt. Sidi Ali mengatakan, secara resmi ke-20 wartawan itu dinyatakan lulus setelah dilakukan pemantauan dan penilaian terhadap karya jurnalistik mereka, dan dipublikasikan di media massa tempat mereka bekerja.


"Tim pemantau dan penilai dikoordinir Musriadi Musanif, bekerjasama dengan Panitia KLW yang diketuai Wirmas Darwis dan Yuldaveri. Para peserta yang dinyatakan lulus diberi kesempatan untuk mengurus kartu biru mereka ke PWI Provinsi Sumbar, dibekali berita acara lulus dan sertifikat lulus KLW," kata Mustafa.


Disebutkan, para peserta yang sudah lulus KLW juga akan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan PWI Kabupaten Tanah Datar.


Bahkan, tuturnya, seluruh pracalon anggota itu juga akan dibantu kepesertaannya di BPJS Ketenagakerjaan yang sejak beberapa bulan lalu sudah bekerjasama dengan PWI Tanah Datar.


Mustafa didampingi Sekretaris Candra Antoni mengatakan, dengan semakin bertambahnya jumlah warga PWI di daerah berjuluk Luak nan Tuo itu, diharapkan akan tercapai berbagai usaha pengembangan organisasi, di antaranya peningkatan kapasitas dan profesionalisme wartawan dalam menunaikan tugas di lapangan.


Para wartawan yang dinyatakan lulus KLW itu adalah Maylis, Freddy, Maizetrimal, Joli Sumantri, Destia Sastra, Ridwan Syafrullah, Ali Nurdin, Jheni Rahmad, Firdaus MH, Nasriadi, Masriwal, Hendrik, Farid Al-Kausar, M. Rafi, Siswanto, Riadi, Zulfikri Putra Mustafa, Rezki Aryandi, Afrizaldi Noerdin, dan Syafrizal Putra.


Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma dalam sambutan tertulisnya pada pembukaan KLW pada Kamis (14/1/2021) lalu menyatakan, wartawan adalah mitra strategis pemerintah daerah (pemda) dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Tanah Datar. Bukan hanya menyampaikan informasi pembangunan, tetapi juga berita-berita terkait dengan kontrol sosial, mencerdaskan, dan menghibur.


"Ini merupakan inovasi yang dilakukan PWI, karena selama ini belum pernah terlaksana KLW di Tanah Datar. Kami berharap ini bukanlah kegiatan pertama dan terakhir, tetapi merupakan lompaTan awal untuk menjadikan KLW sebagai agenda rutin, dalam upaya meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan profesionalisme wartawan di Tanah Datar," ujar Zuldafri.


Dikatakan, sebagai mitra strategis dalam memberdayakan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, dan memajukan daerah berjuluk Luak Nan Tuo, ujarnya, Pemda Tanah Datar berharap, kerjasama antara PWI dan pemda dapat ditingkatkan di masa mendatang, terutama terkait dengan penyebarluasan informasi pembangunan, dan memberi kritikan membangun.


Sementara Mustafa mengingatkan, semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi wartawan di era digital ini, menuntut setiap saat dan momen perlu terus dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan wartawan, terutama para profesional yang tergabung ke dalam organisasi PWI.


"Dengan mengikuti KLW ini, berarti Anda telah mengayunkan langkah awal menuju wartawan profesional dan menjunjung tinggi etika jurnalistik. Semoga nanti kita bisa sama-sama bergabung dalam satu wadah organisasi profesi wartawan ini. Untuk itu, ikutilah kegiatan dengan baik, lalu aplikasikan di lapangan saat menunaikan tugas," sebutnya.


(mus)

×
Berita Terbaru Update