STKIP PGRI Sumbar Gelar Webinar BAM dan Expo Kewirausahaan 2021

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 1 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.204 229 27.500 647
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

STKIP PGRI Sumbar Gelar Webinar BAM dan Expo Kewirausahaan 2021

Rabu, 24 Februari 2021 | 01:00 WIB Last Updated 2021-02-23T18:54:08Z
Diskusi Webinar Budaya Minang Kabau (BAM) dan Expo Kewirausahaan (KWU) dengan mengusung tema 'Peluang Usaha dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Budaya Lokal' yang digelar STKIP PGRI Sumbar, Senin (22/2/2021). (humas)

MJNews.id - Dalam rangka terus melestarikan budaya Minangkabau dan menjawab tantangan perkembangan zaman yang selaras dengan salah satu program Ditjen Belmawa kemendikbud, STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar acara Webinar Budaya Minang Kabau (BAM) dan Expo Kewirausahaan (KWU) dengan mengusung tema 'Peluang Usaha dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Budaya Lokal'. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring pada Selasa (23/2/2021).


Ketua STKIP PGRI Sumbar Prof Dr Ansofino yang membuka kegiatan menyampaikan apresiasi atas kerjasama seluruh dosen pengampu mata kuliah BAM dan KWU yang telah mengangkat acara ini dan menjadikan acara rutin setiap semester di STKIP PGRI Sumbar sebagai luaran dari mata kuliah. Ia menjelaskan semakin modern masyarakat, maka masyarakat akan semakin jauh dari akar budayanya, sehingga penguatan nilai budaya akan terasa sangat penting. Sebab, kebudayaan di Minangkabau pada dasarnya mengajarkan nilai-nilai dasar budaya.


Melalui acara ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan individu dalam menciptakan peluang ekonomis dari sebuah ide usaha. Mahasiswa mampu menemukan inovasi bisnis di masyarakat dengan dukungan aplikasi ilmu dan teknologi. 


“Di zaman modern ini, sangat penting membangun karakter bisnis atau entrepreuneurship mahasiswa. Agar mereka memiliki jiwa, semangat dan keterampilan entrepreneur sehingga mampu membuat usaha dan menciptakan lapangan kerja," lanjutnya. 


Artinya, ke depan kewirausahaan di STKIP PGRI Sumbar dapat berkembang lagi dengan bekerja sama dengan UMKM dan dunia bisnis dalam bentuk pameran bersama dan join venture. 


Ketua Pelaksana Rika Verawati menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kerjasama seluruh panitia yang sudah berusaha sehingga acara terlaksana dengan baik. 


"Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 1.143 orang. Luaran dari kegiatan ini ada 2 yaitu luaran mata kuliah BAM yakni mahasiswa memiliki kepengetahuan tentang budaya masing masing daerah, membuat video kearifan lokal daerah masing-masing tempat tinggal, sementara luaran mata kuliah kewirausahaan yakni mahasiswa mampu menyusun proposal bisnis plan dan akan dilombakan," katanya.


Ada 15 proposal pitching bisnis terpilih yang akan dilombakan pada kegiatan ini dan setiap kelompok akan mempresentasikannya untuk dilakukan penilaian. "Semoga dengan kegiatan ini mahasiswa sudah mempunyai rencana usaha sehingga bisa lanjut pada program PKM-K, dan KIBM tahun 2021," harapnya.


Rangkaian kegiatan yang diadakan yaitu sosialisasi PKM-K 2021 dan KIBM 2021, Webinar Budaya Minangkabau dengan menghadirkan narasumber Dr Buchari Nurdin, Drs Khudri, Drs. Yazirman Murad dan Alfathory Reza Syahrul, SE, MM, serta kegiatan pitching bisnis. 


Akhir kegiatan ditutup dengan penyampaian pemenang lomba pitching bisnis oleh panitia. 


Kegiatan ini turut diikuti Pengurus Badan Pelaksana Harian (BPH) STKIP PGRI Sumbar dan SMA PGRI 1 Padang, Ketua STKIP PGRI Sumbar beserta jajaran pimpinan, pimpinan prodi dan unit se-lingkungan STKIP PGRI Sumbar, dosen pengampu mata kuliah, serta peserta webinar dan expo.


(rls/eds)

×
Berita Terbaru Update