Sudah Divaksin Covid-19, Pedagang Tanah Abang Berharap Lebaran Laris Manis

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Sudah Divaksin Covid-19, Pedagang Tanah Abang Berharap Lebaran Laris Manis

Sabtu, 20 Februari 2021 | 13:00 WIB Last Updated 2021-02-20T06:00:02Z


MJNews.id - Pemerintah memastikan seluruh pedagang pasar mendapatkan vaksin virus Corona (Covid-19), meskipun saat ini baru menyasar 1.365.007 dari total 4.014.000 pedagang yang sudah terdata.


Hal itu disampaikan Plt Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu untuk meluruskan keterangan yang disampaikan Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Muhammad Ikhsan Ingratubun.


Awalnya Ikhsan menyampaikan apresiasi terhadap program vaksinasi terhadap para pedagang. Tapi dia kurang puas jika hanya 1,3 juta pedagang yang divaksinasi.


"Ini memang yang kita tunggu-tunggu karena mohon izin bahwa dampak Covid terhadap perekonomian bangsa ini memang terdampak besar kepada pedagang besar atau pedagang pedagang mikro. Untuk itu bahwa tadi saya juga agak kurang puas kalau hanya sekitar 1,3 juta (pedagang) saja untuk sampai bulan Mei," kata Ikhsan dalam diskusi virtual di saluran YouTube FMB9, Rabu (17/2/2021).


Maxi pun memastikan bahwa seluruh pedagang akan mendapatkan vaksinasi. Pemerintah melakukan proses vaksinasi menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin.


"Saya ingin klarifikasi yang tadi disampaikan Bang Ikhsan. Jadi tadi data yang saya sampaikan itu sesuai ketersediaan vaksin kita Maret itu sekitar 1.365.000 (yang divaksinasi) dari 4 juta lebih (pedagang). Tetapi mereka semua 4 juta itu pasti dapat," terang Maxi, seperti diwartakan detik.com.


"Hanya waktunya saja mungkin di bulan April mereka semua sudah dapat semua, karena memang ketersediaan vaksin kita Februari-Maret itu untuk pedagang pasar kita sudah alokasikan sekitar 30% dari 4 juta. Dan memang data 4 juta ini seperti saya katakan kami dapat ini dari BPJS Ketenagakerjaan," tambahnya.


Pedagang Tanah Abang Berharap Lebaran Laris Manis

Pemerintah sudah memulai program vaksinasi virus Corona (Covid-19) untuk para pedagang pasar di DKI Jakarta, tepatnya di Pasar Tanah Abang. Vaksinasi tersebut sudah dimulai sejak Rabu, (17/2) lalu yang langsung disaksikan Presiden Jokowi dan Gubernur Anies Baswedan.


Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, sebanyak 2.816 pedagang Pasar Tanah Abang sudah divaksinasi. "Target hari pertama kita mencapai 1.400 pedagang yang sudah vaksin. Dan hari kedua juga masih tumbuh di 1.400 pedagang, jadi saat ini total sudah 2.816," kata Arief dalam dialog publik KPC-PEN yang disiarkan virtual, Jumat (19/2/2021).


Arief mengatakan, tak hanya pedagang yang divaksinasi, tapi juga petugas keamanan, kebersihan, parkir, dan juga pengelola pasar. PD Pasar Jaya menargetkan sekitar 53.000 pedagang dan juga petugas lainnya di Pasar Tanah Abang bisa divaksinasi. Namun, di tahap awal targetnya sekitar 30.000 orang.


"Angkanya terakhir sebelum sensus mencapai 53.000. Tapi setelah sensus karena memang adanya pandemi sehingga tokonya tutup, angkanya turun bergerak, sehingga estimasi di Pasar Tanah Abang Blok A, B, F, dan G itu kurang lebih akan mencapai 30.000-40.000," kata Arief, seperti diwartakan detikcom.


Ia berharap, ke 53.000 pedagang dan petugas lain di Pasar Tanah Abang bisa divaksinasi. 


Rata-rata pedagang Tanah Abang mengaku tak keberatan dengan vaksinasi tersebut. Vaksinasi malah menumbuhkan optimisme para pedagang di sana. Mereka berharap semoga secepatnya pasar Tanah Abang ramai pembeli lagi seperti sebelum pandemi.


"Harapannya kalau bisa laris manis pas lebaran, buat nutupin yang kemarin-kemarin sepi," ujar Rohma, pedagang gamis di Blok F Pasar Tanah Abang.


Rohma mengaku belum divaksinasi tapi ia sudah mendaftar diri untuk dapat giliran segera. Rohma mengaku juga aktif mengajak teman-teman pedagang lainnya yang masih ragu-ragu divaksinasi agar pasar Tanah Abang bisa pulih lagi seperti sebelum pandemi.


Pedagang lainnya yang sudah lebih dulu divaksinasi juga berharap serupa. "Moga ya ekonomi kita stabil lagi, banyak yang kerja lagi, biar banyak yang beli, pelanggan kita dulu banyak juga pekerja kantor tapi karena kena PHK jadi sedikit pesanannya," ujar Jajang, pedagang setelan jas dan baju kantor di Tanah Abang.


Jajang yang sudah divaksinasi mengaku tak keberatan disuntik duluan. Divaksinasi duluan menurutnya bisa menjadikannya sebagai contoh untuk keluarganya dan membuat mereka percaya kalau vaksin tak berbahaya. 


Seperti diketahui, ribuan pedagang urang awak di Tanah Abang, kontan juga berharap kondisi jual beli segera membaik. Pasar ramai, dan semoga lebaran tahun ini jual beli kembali normal. Laris manis tentunya.


(*/dtc)

×
Berita Terbaru Update