Tenaga Kesehatan di Pessel Diskrining Sebelum Divaksin Covid-19

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 6 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.646 247 27.982 654
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Tenaga Kesehatan di Pessel Diskrining Sebelum Divaksin Covid-19

Rabu, 03 Februari 2021 | 06:30 WIB Last Updated 2021-02-03T21:38:13Z
Tim Vaksinator RSUD Tapan melakukan skrining sebelum melakukan penyuntikan vaksin Covid-19. (ist)

MJNews.id - Sebelum penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap tenaga kesehatan (Nakes), Tim Vaksinator Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan tahapan proses skrinning (screening).


Hal itu dikatakan Direktur RSUD Tapan, Elfrina Mirna, Selasa (2/2/2021).


Dijelaskan lebih lanjut, setelah pengecekan, tenaga kesehatan dan staf rumah sakit menunggu antrian untuk pendataan.


Bagi mereka yang lolos tahapan skrining akan dilakukan vaksinasi Covid-19. "Kita terus memonitor kegiatan vaksinasi Covid 19 itu, serta memotivasi para tenaga medis dan staf rumah sakit agar memaksimalkan pencegahan dan pengendalian Covid 19," katanya.


Ia berharap kegiatan vaksinasi berjalan lancar dan sesuai sesuai petujuk teknis dari Kementerian Kesehatan. "Mari kita sukseskan program pemerintah tersebut dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid 19," ucapnya.


Dikatakan, sebelumnya pihak RSUD Tapan telah melaksanakan sosialisasi pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada lintas sektor di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan.


"Ya, kita sudah mensosialisasikan Vaksinasi Covid 19 itu kepada lintas sektor. Sedangkan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap awal ditujukan bagi tenaga kesehatan.


Ia menyebutkan, pasien vaksinasi pertama di RSUD Tapan adalah Kasi Pelayanan Medis dan Keperawatan, Dori Efriharma E-h. Sedangkan syarat umum bagi peserta untuk dilakukan Vaksinasi Covid-19 antara lain membawa KTP, berumur 18-59 tahun, lulus skrinning dan pemeriksaan kesehatan.


Dikatakan, kegiatan vaksinasi ditujukan pada peserta yang berbadan sehat, dilakukan pemeriksaan kesehatan dan tidak mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti, jantung, diabetes dan lainnya.


Setelah divaksin, peserta diobservasi dan menunggu di ruangan serta dinilai kondisi kesehatannya. Kemudian peserta juga mendapat penyuluhan berkaitan dengan vaksinasi Covid-19.


"Manfaat vaksinasi adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok," jelasnya.


(myd)

×
Berita Terbaru Update