Tiga Kampus Muhammadiyah Masuk 10 Besar Top Islamic Universities 2021

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 7 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.706 249 28.022 654
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Tiga Kampus Muhammadiyah Masuk 10 Besar Top Islamic Universities 2021

Minggu, 21 Februari 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-02-21T00:00:13Z
Tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah masuk 10 besar 2021 Top Islamic Universities versi UniRank.

MJNews.id - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menorehkan prestasi membanggakan dengan menempati posisi nomor satu di dalam daftar 2021 Top Islamic Universities versi UniRank yang dirilis, Rabu (18/2/2021).


UniRank adalah lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang setiap tahun merilis survei perguruan tinggi terbaik di dunia. Lembaga ini berbasis di Sydney, Australia.


Organisasi masyarakat (ormas) Muhammadiyah patut berbangga lantaran tiga kampus di bawah naungannya menduduki urutan 10 besar dunia. Selain UMM, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masing-masing menduduki urutan keempat dan kedelapan.


Adapun posisi kedua, ketiga, dan kelima berurutan diduduki University of Science and Technology dari Iran, Cairo University dari Mesir, dan Umm Al-Qura University dari Arab Saudi.


Peringkat keenam dan ketujuh ditempati Shahid Beheshti University of Medical Sciences dari Iran dan Universiti Islam Antarabangsa Malaysia.


Sementara itu, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Islam Indonesia (UII) berurutan di daftar kesembilan dan ke-10. Adapun peringkat ke-11 ditempati University of the Punjab dari Pakistan.


Dikutip dari laman resmi www.4icu.org, daftar kampus Islam terbaik merujuk tiga faktor. Pertama, diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara.


Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun, atau gelar pascasarjana (magister dan doktoral). Ketiga, memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan nonjarak jauh


"Tujuan kami adalah untuk menyediakan tabel liga nonakademik dari universitas Islam top di dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi, yang disediakan oleh sumber intelijen web independen dari data yang dikirimkan oleh universitas itu sendiri," begitu penjelasan UniRank terkait penyusunan daftar universitas Islam terbaik di dunia, seperti diwartakan Republika.co.id.


Sementara itu, kampus Muhammadiyah di luar tiga yang sudah disebutkan, terpaut peringkat cukup jauh. Universitas Ahmad Dahlan, misalnya di urutan 30, Universitas Muhammadiyah Semarang di posisi 32, Universitas Muhammadiyah Purwokerto peringkat 39, dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo masuk 50 besar.


(***)


loading...

×
Berita Terbaru Update