UMSB Sediakan 30 Beasiswa untuk Program Paskamu

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 4 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.467 251 27.798 652
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

UMSB Sediakan 30 Beasiswa untuk Program Paskamu

Selasa, 23 Februari 2021 | 07:20 WIB Last Updated 2021-02-23T20:56:21Z
Rektorat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.


MJNews.id - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), mengalokasikan 30 beasiswa untuk mahasiswanya, mengikuti program pendidikan khusus, pada tahun akademik 2021-2022 mendatang.


Sekretaris Lembaga Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPIM) UMSB Syamsurizal, MHI, Senin (22/2/2021) menjelaskan, program beasiswa itu tersedia untuk 19 orang peserta atas rekomendasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)/Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), satu orang rekomendasi Ikatan Alumni UMSB, dan sepuluh orang dari madrasah/SMA/pondok pesantren dan umum.


"Beasiswa diberikan dalam bentuk SPP dan asrama. Ini adalah Program Sekolah Kader Muhammadiyah (Paskamu) Ma’had Haroen El-Ma’any yang berada di bawah naungan UMSB," ujarnya.


Menurut dia, program ini dapat diikuti mahasiswa UMSB yang kuliah di Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Ilmu Sosial Politik. "Jadi wajib mendaftar pada salah satu program studi yang ada di fakultas-fakultas tersebut," katanya.


Dikatakan, program ini bertujuan menciptakan kader-kader Muhammadiyah yang memiliki keahlian, terutama dalam hak mengintegrasikan konsep keilmuan dengan Bahasa Inggris, Bahasa Arab, kecakapan hidup, ilmu komunikasi, dan keterampilan memimpin organisasi.


Mahasiswa UMSB yang berminat, tambahnya, dapat melakukan pendaftaran secara gratis. Nanti setelah diterima sebagai mahasantri, mereka juga digratiskan biaya pendidikan di Paskamu dan asrama.


Syamsurizal menyebut, dibukanya program mahasiswa santri itu merupakan jawaban atas persoalan yang dihadapi Muhammadiyah beberapa waktu belakangan, di antaranya dalam rangka menyiapkan kader pimpinan yang cakap berorganisasi, tetapi memiliki keilmuan dan keberagamaan yang mantap.


UMSB merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah yang kini mulai berkembang. Kampusnya ada di Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, dan Payakumbuh. Selain memberi bekal tambahan kepada mahasiswa keterampilan berorganisasi, kini juga dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung untuk mendalami agama Islam, sebagai salah satu ciri PTM.


Bila menilik sejarah, universitas ini sebenarnya sudah berdiri sejak 18 November 1955 yang berpusat di Padang Panjang, kemudian meluas ke berbagai kota di Sumbar dalam bentuk Sekolah Tinggi dan Akademi. Baru digabung lagi (merger) ke dalam satu institusi UMSB yang kian menunjukkan eksistensinya.


(mus)

×
Berita Terbaru Update