Warga Simanau Solok Kini Punya Masjid Megah

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 13 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.227 349 31.051 722
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Warga Simanau Solok Kini Punya Masjid Megah

Rabu, 17 Februari 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-02-17T04:00:45Z


 MJNews.id - Bersamaan dengan pengukuhan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Simanau, Kecamatan Tigo Lurah, Bupati Solok, Gusmal juga meresmikan pemakaian Masjid Baitul Makmur yang merupakan masjid satu-satunya di nagari tersebut, Minggu (14/2/2021).


Terkait pelantikan pengurus KAN Simanau tersebut, Bupati Gusmal berharap kepada ketua KAN terpilih untuk selalu mempedomani dan menguasai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Bupati berpesan kepada ketua KAN terpilih untuk mempelajari adat istiadat yang berlaku di nagari tersebut, jika memang ada yang harus dirubah agar relevan dengan kondisi zaman saat ini.

 

Seperti adat salingka nagari yang berkaitan dengan penyelenggaraan baralek, kematian dan turun mandi, dengan catatan dilakukan dengan musyawarah mufakat dan sepakat bersama ninik mamak dan bundo kanduang di nagari.

 

“Yang tidak boleh diubah adalah adat yang sebatang panjang. Seperti kamanakan mendapatkan pusako dari mamak, suku dari garis keturunan ibu dan larangan kawin satu suku yang tidak dapat dibantah lagi,” ujar Ketua LKAAM Kabupaten Solok ini.

 

Bupati serta merta menyampaikan selamat kepada masyarakat Nagari Simanau dan ketua KAN terpilih, karena telah bersedia menjadi pengurus KAN Nagari Simanau, karena tugas kepengurusan ini sangat berat dan merupakan tugas sosial.

 

Gusmal menyebutkan, berdasarkan penelitian dari pengurus LKAAM Kabupaten Solok, terdapat sekitar 200 suku di daerah penghasil beras itu. Ia menilai masing-masing nagari memiliki masalah yang sangat kompleks dalam mengelola manajemen suku. Tersebab itu, ia meminta kepada pengurus KAN jika ada permasalahan pada suatu kaum, maka selesaikan dulu pada kaum yang bersangkutan dan jangan langsung dibawa kepada ketua KAN.

 

“Saya berharap para pengurus KAN yang pada untuk selalu membangun satu kesatuan dan menjalankan dengan semestinya. jika ada yang tidak sesuai jangan diajak berlawanan, jadilah pemimpin kaum yang adil,” ucapnya.

 

Sekaitan dengan peresmian Masjid Baitul Makmur, Bupati berharap dapat melahirkan pakiah (ahli fiqih) dan ahli Al Qur’an, sehingga tidak putusnya orang yang mengerti agama atau adat di nagari itu.

 

“Saya sangat senang melihat masyarakat di nagari ini telah memiliki masjid, karena jika di sebuah negeri semakin banyak masjid maka akan semakin banyak juga orang yang akan shalat, khususnya shalat berjamaah dan Shalat Jumat,” ujarnya.

 

Sementara itu, pengurus Masjid Baitul Makmur, Sal Amri Datuak Sinaro Sati menyebutkan, mesjid megah berlantai dua tersebut didirikan pada tanggal 15 oktober 2015, di lokasi tanah wakaf dan pembangunan bersumber dari infak masyarakat dan perantau Nagari Simanau.

 

“Alhamdulillah masyarakat di sini sudah melaksanakan program dari pemerintah Kabupaten Solok seperti subuh berjamaah dan maghrib mengaji. Insyaa Allah, masjid ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk selalu beribadah dan belajar ilmu agama,” ujarnya.


(yas)


loading...



×
Berita Terbaru Update