Astra Daihatsu Tawarkan Program Perawatan Mobil

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Astra Daihatsu Tawarkan Program Perawatan Mobil

Rabu, 17 Maret 2021 | 05:45 WIB Last Updated 2021-03-17T22:50:41Z
Service Department Head PT AI DSO Ratno Yunanto (celana coklat) memberikan penjelasan kepada Head General Affair Staff PT Gloria Origita Cosmetics Yuda Baghaskara terkait layanan Daihatsu Mobile Service (DMS), di Jakarta, Selasa 16 Maret 2021. (ist)

MJNews.id - Dampak pandemi Covid 19 terhadap sektor otomotif masih terasa hingga awal 2021. Hal ini terlihat dari penjualan mobil pada dua bulan pertama tahun 2021 yang masih belum membaik. 


Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan mobil wholesale pada Januari 2021 tercatat sebanyak 52.909 unit.

Sedangkan penjualan wholesale pada Februari 2021 tercatat sebesar 49.202 unit, melemah dibanding penjualan pada Januari 2021. Hal yang sama juga terjadi pada penjualan retail di mana untuk Januari 2021 tercatat sebanyak 53.996 unit dan Februari 2021 sebanyak 46.943 unit.


Kondisi itu membuat para pelaku usaha di sektor otomotif terus berusaha mencari solusi mengatasi masalah tersebut. Berbagai program ditawarkan pelaku usaha sektor otomotif untuk meringankan beban konsumen sebagaimana yang dilakukan Astra Daihatsu.


After Sales Service Division Head PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Lili Herman di Jakarta, Selasa 16 Maret 2021, mengatakan, pandemi Covid-19 yang sudah terjadi setahun ini tidak hanya membatasi aktivitas konsumen di luar rumah, tetapi juga menambah beban ekonomi mereka.


Karena itu, tuturnya, Astra Daihatsu mencoba meringankan beban konsumen dengan menawarkan berbagai program perawatan mobil. Langkah ini ditempuh agar mobil konsumen tetap terawat di tengah pandemi Covid-19, sehingga mobil mereka berada dalam kondisi siap untuk digunakan jika dibutuhkan sewaktu-waktu.


Terkait hal ini, Astra Daihatsu menawarkan beberapa pilihan ke konsumen. Di antaranya low cost service dengan beberapa program diskon dan oli gratis satu liter, edukasi service berkala tepat waktu setiap enam bulan. Selain itu, Astra Daihatsu juga mendorong customer untuk segera menggunakan fasilitas free service-nya dan menawarkan program service di rumah dengan layanan Daihatsu Mobile Service (DMS).


Sedangkan, untuk menyambut Puasa dan Lebaran 2021, Astra Daihatsu menyiapkan program “Mudik Sehat Mudik Hemat bersama Daihatsu” dengan memberikan beberapa kemudahan dan harga spesial buat Sahabat Daihatsu. Selain itu, Astra Daihatsu juga akan menyiapkan bengkel siaga untuk membantu Sahabat Daihatsu yang membutuhkan service kendaraan selama mudik Lebaran.


Berdasarkan data yang ada, rata-rata unit yang diservis pada Desember 2020- Februari 2021 tercatat lebih dari 4.000 unit per hari. Jumlah tersebut tercatat meningkat sekitar 5% jika dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya yakni September-November 2020. Sementara itu, menjelang puasa dan Lebaran nanti diperkirakan jumlah rata-rata unit yang diservis per harinya akan meningkat sebesar 10-15%.


Respon Cepat

Salah satu faktor meningkatnya jumlah unit yang diservis oeh bengkel Astra Daihatsu adalah respon cepat yang diberikan terhadap keluhan konsumen. Hal itu diakui oleh General Affair Staff PT Gloria Origita Cosmetics, Yuda Baghaskara. Ia menyebutkan, selama ini pihaknya selalu mendapatkan respon yang cepat jika membutuhkan pelayanan dari bengkel Astra Daihatsu.


Bahkan, untuk servis rutin, mereka tak perlu melakukan booking terlebih dulu. “Pelayanan yang diberikan oleh bengkel Astra Daihatsu selama ini sangat baik. Kami mendapatkan respon yang cepat jika ingin melakukan servis kendaraan kami. Hal itu sangat membantu kelancaran operasional kami,” kata Yuda.


Itulah salah satu alasan PT Gloria Origita Cosmetics sejak tahun 2010 lalu hingga saat ini memilih menggunakan Daihatsu sebagai kendaraan operasional perusahaan. Berdasarkan pengalaman tersebut, ujar Yudi, pihaknya selalu memilih Daihatsu jika mereka ingin melakukan peremajaan unit kendaraan operasional perseroan.


Merujuk pada data Gaikindo, penjualan mobil wholesale Daihatsu pada Januari 2021 tercatat sebesar 8.993 unit dan pada Februari 2021 meningkat menjadi 9.412 unit. Sedangkan, penjualan retailnya pada Januari 2021 tercatat sebanyak 9.528 dan pada Februari 2021 sebanyak 8.414 unit. Hal ini menempatkan Daihatsu berada di posisi kedua penjualan mobil terbanyak di bawah Toyota.


Pengamat otomotof Bebin Djuana mengatakan, pasar otomotif di tahun 2021 akan lebih baik dari tahun 2020, walaupun masyarakat dituntut untuk disiplin karena pandemi belum berakhir. Hal ini terlihat dari respon positif dari masyarakat. “Perkiraan saya penjualan akan mencapai 800.000 unit, bahkan mungkin di atas itu,” paparnya.


Gaikindo sendiri memperkirakan penjualan otomotif tahun ini akan berada di kisaran 750.000 unit. Sedangkan, penjualan otomotif tahun lalu tercatat sebesar 603.842 unit atau ada kenaikan sekitar 25% dari penjualan tahun lalu.


(***)


loading...



×
Berita Terbaru Update