Bantuan RTHL Baznas Solok, Stimulan Dua Kali Lipat dengan Swadaya Masyarakat

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.226 365 31.834 747
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Bantuan RTHL Baznas Solok, Stimulan Dua Kali Lipat dengan Swadaya Masyarakat

Kamis, 11 Maret 2021 | 19:02 WIB Last Updated 2021-03-11T12:49:28Z
Pengurus Baznas Kabupaten Solok, Syahrul Ramadhan melihat peletakan batu pertama RTHL di Batu Bajanjang, pengerjaan gotongroyong sebagai subsidi masyarakat terhadap lingkungannya.

MJNews.id - Bantuan stimulan Rumah Tidak Layak Huni (RTHL) atau bedah rumah bagi Mustahiq (penerima zakat) yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Solok senilai Rp20 juta, bisa menjadi bernilai Rp60 sampai Rp70 juta. Ini dikatakan salah seorang Ketua Baznas, Syahrul Ramadhan, S.Ag didampingi staf kesekretariatan Iljasmadi, SE, MM pada saat peletakan batu pertama di Jorong Bawah Gunung, Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Kamis 10 Maret 2021 sore, di Batu Bajanjang.


Dijelaskan Syahrul, maksudnya bahwa dana Rp20 juta merupakan stimulan awal. “Kita tidak memberikan dana melainkan barang yang langsung dibeli ke toko terdekat. Disentuhnya pedagang bangunan, ini untuk orang miskin, kalau harga semen Rp67.000/zak, kita harap diringankan sebagai sumbagsih orang toko, misal dapat Rp60.000. Kemudian tukang dan pekerja subsidi pihak keluarganya atau sumbangan tetangga sekitar sehingga setelah jadi rumah, bisa bernilai seperti disebut di atas," ucapnya.


Kemudian bagi Mustahiq tadi ditambah lagi bantuan Rp5 juta, guna sebagai modal kehidupan, seperti untuk modal beternak, bertani atau modal berdagang. “Kita berharap melalui bantuan BAZNAS ini dapat mengangkat ekonomi serta pemberdayaan umat," tukasnya lagi. 


Terpisah, Ketua Baznas Kabupaten Solok, Drs. H. Sukardi pada penghujung periode kepengurusannya yang akan berakhir 2021 ini, telah banyak yang diperbuat. “Selama lima tahun kami mengurus, kami telah memprogramkan setiap nagari dari 74 Nagari di Kabupaten Solok disediakan satu unit RTHL atau bedah rumah bagi Mustahiq. Kini hanya tinggal 26 unit lagi dan menjelang Ramadhan Insya Allah sudah siap," ujarnya.


(yas)


loading...



×
Berita Terbaru Update