Bupati Sijunjung Buka Bimtek Persiapan Penilaian APE Tingkat Nasional

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Bupati Sijunjung Buka Bimtek Persiapan Penilaian APE Tingkat Nasional

Rabu, 17 Maret 2021 | 04:02 WIB Last Updated 2021-03-16T21:02:05Z
Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir membuka Bimtek PUG dan Bimtek persiapan penilaian APE tingkat nasional, di aula Dinas PUPR, Senin 15 Maret 2021. (ist)

MJNews.id - Aparatur Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (SP3A) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Bimtek persiapan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat nasional, di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin 15 Maret 2021.


Bimtek yang dibuka Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, diikuti anggota kelompok kerja (Pokja) yang terdiri dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat, pengurus organisasi wanita, forum kabupaten sehat, pimpinan dunia usaha dan pimpinan perguruan tinggi.


Sedangkan narasumber yang menyajikan materi, Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumatera Barat, Henaldi.


Di samping membuka, Bupati Benny Dwifa Yuswir juga mengikuti Bimtek dari awal sampai akhir bersama ketua tim penggerak PKK, Ny. Riri Benny Dwifa, ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ny. Donna Iraddatillah dan peserta lainnya.


“Bila disebut kalimat pengarusutamaan gender, dalam pikiran kita yang muncul adalah kegiatan tentang perempuan yang akan mensejajarkan antara laki-laki dengan perempuan. Pada hal pengarusutamaan gender mendudukan peran laki-laki dan peran perempuan secara umum.


Lebih detailnya, konsep gender mengacu kepada perbedaan peran, status, tanggung jawab, fungsi perilaku laki-laki dan perempuan yang merupakan konstruksi sosial untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender,” kata Bupati Benny Dwifa Yuswir.


Tujuan pelaksanaan PUG, adalah penyelenggaraan pembangunan antara perempuan dan laki-laki memperoleh akses yang sama dalam sumber daya pembangunan dan berpartisipasi yang sama dalam proses pembangunan serta mempunyai kontrol yang sama dalam semua akses pembangunan, tambah bupati.


Kepala SP3A Yofritas selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, Bimtek PUG yang dilaksanakan adalah untuk mempersiapan Kabupaten Sijunjung dalam menghadapi penilaian APE tingkat nasional yang akan dilakukan tim pemerintah pusat 29 Maret mendatang melalui zoom meeting.


APE adalah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender dalam pembangunan.


Penilaian APE dilakukan terhadap dua indikator utama, yaitu indikator A untuk kesiapan kelembagaan dan indikator B untuk pelaksanaan pengarusutamaan gender. Untuk indikator A dengan tujuh sub indikator, pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung meraih nilai 64. Sedangkan untuk indikator B dengan lima sub indikator, nilai yang diraih 33.


Guna membuktikan kebenaran nilai yang diraih, akan dilaksanakan verifikasi lapangan oleh tim verifikator dari pemerintah pusat 29 Maret mendatang, melalui zoom meeting. “Kita mohonkan kesediaan bapak bupati menyampaikan expose tentang pengarusutamaan gender pada pelaksanaan verifikasi lapangan oleh tim verifikator. Dan verifikasi lapangan itu diharapkan dihadiri kepala OPD terkait tanpa diwakilkan.


Supaya verifikasi lapangan terlaksana dengan lancar dan sukses, kita datangkan narasumber dari Dinas PPPA Provinsi Sumatera Barat untuk membekali dan membimbing kita semua dengan tata cara mengikuti verifikasi lapangan itu,” kata Kepala SP3A Yofritas.


(nr/eko)


loading...



×
Berita Terbaru Update