Di Rakorenbang, Walikota Solok Sampaikan Prioritas Pembangunan Kota

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 22 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
35.202 433 32.188 762
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Di Rakorenbang, Walikota Solok Sampaikan Prioritas Pembangunan Kota

Kamis, 11 Maret 2021 | 02:25 WIB Last Updated 2021-03-11T22:55:01Z

MJNews.id - Walikota Solok Zul Elfian Umar memaparkan program dan prioritas utama pembangunan Kota Solok di hadapan Gubernur Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Kantor Gubernur Sumbar, Selasa 9 Maret 2021.


Kegiatan tersebut digelar Pemprov Sumbar dalam rangka rapat koordinasi rencana pembangunan (Rakorenbang) gubernur dengan seluruh bupati dan walikota. Tujuannya mensinkronisasi program dan kegiatan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota selama 2022.


Walikota Solok menyampaikan, saat ini Kota Solok masih mengejar ketertinggalan dari kota lain yang dinilai telah cukup berkembang. Adapun usulan utama yang diusulkan adalah menggratiskan biaya sekolah SMA dan SMK. 


"Saat ini, biaya sekolah di Kota Solok hanya gratis sampai tingkat SMP. Kita berharap termasuk SMA dan SMK. Untuk itu itu dibutuhkan dukungan dari Pemprov. Sebab saat ini, ini SMA dan SMK kewenangannya berada di bawah naungan pemerintah provinsi," ucapnya.


Kemudian, Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo di Kelurahan Laing akan dijadikan sentra bibit yang tidak hanya untuk Kota Solok, namun juga untuk daerah sekitar.


Ke depannya, Kota Solok akan mengembangkan objek wisata Pulau Belibis. "Kami melihat potensi Pulau Belibis sangat bagus untuk menjadi pariwisata andalan Kota Solok," tegasnya.


Selanjutnya, pengadaan alat ATCS di Simpang Rumbio, pengadaan alat pengujian kendaraan bermotor serta optimalisasi jalan Simpang Rumbio sampai Simpang Pulai yang merupakan jalan provinsi yang sangat padat, terutama di pagi dan siang hari. 


Dalam kesempatan itu, Walikota Solok juga menyampaikan masalah RSUD dan penyelesaian GOR Kota Solok sebagai penunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2024.


Sementara itu, Gubernur Mahyeldi Ansharullah mengatakan usulan yang telah disampaikan walikota Solok akan diusahakan untuk diakomodir. Khusus jalan Simpang Rumbio-Simpang Pulai agar segera ditingkatkan, karena menyangkut kenyamanan masyarakat Kota.


"Apalagi di sana juga terdapat RS M Natsir milik Pemprov Sumbar. Kita harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat Kota Solok," ucapnya.


Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi. Ia mengajak walikota Solok bersama-sama membangun kota. "Mari bersama-sama kita membangun Kota Solok yang lebih baik ke depannya," ucapnya.


Di tempat terpisah, Pemerhati Pembangunan Kota Solok Darmawan mengatakan, sebaiknya walikota juga menyampaikan pembangunan play over simpang empat Simpang Rumbio-Pasar Raya Solok, Simpang Rumbio-Pandang Ujung, Simpang Rumbio-Panyakalan dan Simpang Rumbio-Selayo dan traffic light Simpang Rumbio yang berada pada jalan lintas Sumatera padat arus lalu lintas.


Kemudian kalangan guru SMA-SMK perlu mendapatkan tunjangan, seperti halnya yang diberlakukan guru SD/SMP oleh Pemko Solok.


(yas)


loading...



×
Berita Terbaru Update