Hima Prodi Teater ISI Padang Panjang Semarakkan Hatedu 2021

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Hima Prodi Teater ISI Padang Panjang Semarakkan Hatedu 2021

Jumat, 26 Maret 2021 | 15:02 WIB Last Updated 2021-03-27T12:50:47Z
Sejumlah anak berlatih teater di Kampung Wisata Kubu Gadang, Padang Panjang. Mereka dilatih mahasiswa ISI Padang Panjang sebagai persiapan menyemarakkan Hari Teater Dunia tahun 2021.

MJNews.id - Dalam rangka menyemarakkan Hari Teater Dunia (Hatedu) 2021, Himpunan Mahasiswa (Hima) Teater Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang menghelat berbagai kegiatan, di antaranya memasyarakatkan teater ke tengah-tengah masyarakat.


Dr. Sulaiman Juned bersama sejumlah dosen, Kamis (25/3), di Kampus ISI Padang Panjang menjelaskan, Hatedu diperingati setiap 27 Maret di seluruh dunia. Khusus untuk tahun ini, sebutnya, mahasiswa Teater ISI Padang Panjang akan memusatkan kegiatan peringatan di Desa Wisata Kubu Gadang.


"Kegiatan tahun ini diberi tema‘Memasyarakatkan Teater dalam Masyarakat, karena kita melakukan kerja sama dengan beberapa elemen organisasi dan masyarakat yang ada di Padangpanjang, seperti dengan Forum TBM Masyarakat sehingga pengisi acara adalah 13 Taman Baca Masyarakat (TBM) kota Padangpanjang yang dilatih, bermain teater, monolog, puisi, musikalisasi puis oleh mahasiswa teater ISI Padangpanjang," ujarnya.


Ketua Hima Teater Dicky Hidayat menjelaskan, pada tahun 2019 lalu mereka peringati secara virtual, namun tahun ini, karena bekerja sama dengan dengan pihak Kubu Gadang dan Forum TBM dan Pemerintah Kota Padangpanjang dapat dilaksanakan tatap muka dengan menerapkan Protokol Kesehatan.


"Kali ini yang menjadi luar biasa karena panitia, dan pengisi acara yang digagas HIMA Teater bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah. Masyarakat turut disertakan. Disamping itu ada pula Seminar Teater dengan Tema ‘Memasyarakatkan Teater dalam Masyarakat’ dengan Pemantik diskusi Wanda Rahmat Putra, S.Sn., M.Sn dan Narasumber Dr. Dharminta Soeryana, S.Sn., M.Sn yang pesertanya Guru-guru Seni Budaya di Kota Padangpanjang, masyarakat serta siswa-siswa Kota Padangpanjang,” paparnya.


Sementara itu, Dosen Pembimbing Dr. Afrizal H mengatakan, kegiatan Hatedu kali ini fokus pada melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kota Padangpanjang memiliki Taman Baca Masyarakat sebanyak 35 TBM dan yang bersedia mengisi acara 13 TBM. 13 TBM tersebut dilatih materinya oleh adik-adik mahasiswa agar menjadi sebuah pertunjukan yang berkualitas. Sementara lokasi pertunjukannya dilakukan di desa wisata Kubu Gadang Padangpanjang” Tutur Dosen Seni Teater yang juga sutradara teater ini.


“Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang luar biasa antara Prodi Seni Teater ISI Padangpanjang dengan Pemerintah Kota Padangpanjang, juga masyarakat Kota Padangpanjang. Jadi saya mengucapkan terima kasih telah memberi ruang kepada masyarakat untuk berkreativitas. Tentu kami berharap kerja sama seperti ini dapat berlanjut sehingga kolaborasi akademisi dengan masyarakat menghasilkan dampak besar bagi kemajuan kota Padangpanjang,” timpal Yuliza Zen, sang pengelola Kampung Wisata Kubu Gadang.


Menurut Sulaiman, selayaknya mahasiswa tidak berada ‘dimenara gading’. Jadi sudah saatnya turut serta membangun kebudayaan masyarakat di lingkungan mahasiswa itu tumbuh, belajar dan hidup.


"Saya sangat bangga kepada HIMA Teater dalam menyambut Hari Teater Dunia kali ini, adik-adik mahasiswa berusaha memberikan sumbangsih ilmunya kepada masyarakat dan lingkungannya. Ini pekerjaan yang perlu kita acungi jempol dan kita dukung secara bersama-sama," kata ketua Prodi Seni Teater ISI Padang Panjang itu.


(mus)


loading...



×
Berita Terbaru Update