Keberadaan Pasar Rakyat Perkuat Pariaman Jadi Kota Perdagangan

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Keberadaan Pasar Rakyat Perkuat Pariaman Jadi Kota Perdagangan

Rabu, 17 Maret 2021 | 03:45 WIB Last Updated 2021-03-17T21:26:58Z
Suasana Pasar Kurai Taji di Kota Pariaman. (ist)

MJNews.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengharapkan pengelolaan Pasar Rakyat Pariaman di Kota Pariaman yang telah selesai pengerjaannya dilakukan secara baik sehingga dapat bernilai guna bagi pedagang dan bisa tahan lama.


"Dengan pasar ini terawat maka transaksi jual beli dapat berjalan dengan baik dan perekonomian pedagang meningkat," kata Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kemendag RI, Frida saat mengunjungi Pasar Rakyat Pariaman di Pariaman, Selasa 16 Maret 2021.


Indikator pasar tersebut terawat tidak saja bidang struktur bangunan dan kebersihannya, namun juga instalasi listrik dan air serta hal lainnya dapat berfungsi dengan baik.


Pasar tersebut dalam waktu dekat akan diisi oleh pedagang yang sebelumnya berdagang di Pasar Rakyat Pariaman karena sarana jual beli itu akan diresmikan oleh presiden akhir Maret 2021.


"Memang sudah ada suratnya (peresmian pasar oleh presiden) tapi bukan ranah kami untuk menjawab kepastiannnya," katanya.


Pasar Rakyat Pariaman terdiri dari empat lantai dengan dilengkapi eskalator dan lift guna memudahkan pengunjung ketika berbelanja. Selain itu pasar tersebut juga menggunakan konsep ramah lingkungan sehingga hemat dengan listrik.


Pasar tersebut juga difungsikan sebagai shelter ketika gempa dan tsunami menerjang daerah itu.


Sementara Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan peresmian pasar tersebut pada akhir Maret sesuai dengan surat dari Sekretaris Negara.


"Untuk kepastian kita masih menunggu, mudah-mudahan presiden atau yang mewakili datang ke Pariaman memberikan motivasi dalam rangka peresmian pasar ini," ujarnya.


Untuk perawatan pasar tersebut pihaknya membentuk unit pelaksana teknis diantaranya unit listrik, kebersihan, dan keamanan yang hal tersebut sesuai dengan arahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kemendag RI."Dengan begitu pasar ini dapat terawat dengan baik, tidak rusak sehingga masyarakat dapat menikmatinya," ujar dia.


Ia berharap dengan diresmikannya Pasar Rakyat Pariaman dan digunakan oleh pedagang maka dapat memperkuat Pariaman sebagai kota jasa dan perdagangan.


(sul)


loading...



×
Berita Terbaru Update