Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 9 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
39.166 506 35.581 855
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Kemenhub Tindaklanjuti SE Gugus Tugas Covid-19 Perjalanan Dalam Negeri

Selasa, 30 Maret 2021 | 10:02 WIB Last Updated 2021-03-30T03:02:00Z
Ilustrasi. Pemudik mengantre di ruang pembelian tiket perjalanan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (ist)

MJNews.id - Kemenhub akan menindaklanjuti SE Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuannya Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 


Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan di Jakarta, Senin 29 Maret 2021 mengatakan Kementerian Perhubungan sedang menindaklanjuti SE dimaksud dengan menyusun Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan yang nantinya akan mengatur detail penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan orang di dalam negeri pada masa pandemi Covid-19 ini. 


"Kementerian Perhubungan dalam waktu tidak terlalu lama akan segera menetapkan dan mensosialisasikan SE tersebut ke masyarakat luas. Perlu diketahui bahwa SE yang akan disusun oleh Kemenhub adalah ketentuan yang berlaku pada kondisi umum, tidak termasuk pengaturan di masa mudik atau libur lebaran yang akan diatur secara khusus," ungkapnya. 


Hal ini dilakukan Kementerian Perhubungan, menurutnya, sebagai komitmen untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 sejak awal pandemi dimana perjalanan orang baik melalui darat, laut, udara, kereta api, dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi diatur secara ketat mulai dari keberangkatan, dalam perjalanan, hingga kedatangan. 


"Penerapan protokol kesehatan ini juga berlaku bagi operator transportasi dimana ada ketentuan terkait standar pelayanan di masa pandemi saat ini," ujar Adita. 


Ia menyebutkan, dalam SE Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Nomor: 12 Tahun 2021 terdapat poin tambahan sebagai pembaharuan dari SE Gugus Tugas sebelumnya yaitu pemberlakuan tes GeNose C19 bagi calon penumpang angkutan udara dan angkutan laut sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan orang dengan angkutan udara. 


Dikatakan, tes GeNose bagi penumpang angkutan udara dan laut ini menjadi alternatif yang dapat dipilih penumpang sebagai persyaratan perjalanan selain RT-PCR maupun rapid test antigen yang sudah berlaku sebelumnya. 


"Terhadap terbitnya SE Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Nomor: 12 Tahun 2021, tambahnya, Kementerian Perhubungan meminta kepada seluruh operator transportasi termasuk stakeholder untuk dapat mematuhi aturan yang telah ditetapkan baik oleh Gugus Tugas maupun SE Kementerian Perhubungan yang saat ini masih dalam proses penyusunan," tutup Adita.


(rls/bob)


loading...



×
Berita Terbaru Update