Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 9 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
39.166 506 35.581 855
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Masuk Nominasi APE 2021, Pemko Padang Ikuti Verifikasi Kementerian P3A

Rabu, 31 Maret 2021 | 05:02 WIB Last Updated 2021-03-30T22:02:01Z
Plt. Walikota Padang, Hendri Septa bersama jajarannya. (humas)

MJNews.id - Pemerintah Kota Padang mengikuti acara verifikasi lapangan dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021 yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia.


Verifikasi yang berlangsung secara virtual tersebut dibuka oleh Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dermawan.


Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Padang Hendri Septa bersama pimpinan OPD terkait mengikuti dari aula Abu Bakar Ja’ar, Balaikota Padang, Aie Pacah, Selasa 30 Maret 2021.


Hermawan mengatakan, pertemuan itu untuk memverifikasi dan melihat lebih dalam lagi bahan yang telah dikirim oleh Pemerintah Kota Padang, sehingga nanti dapat menjadi bahan evaluasi dalam penerimaan penghargaan ini.


“Verifikasi ini merupakan pertimbangan bagi kami untuk merekomendasikan Padang sebagai calon penerima APE 2021. Sebuah penghargaan ting kat nasional yang diberikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota yang dinilai berhasil dalam kesetaraan dan keadilan gender,” ungkapnya. 


Sementara itu, Plt Walikota menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Kementerian P3A. “Atas nama Pemerintah Kota Padang kita ucapkan terimakasih kepada KPPPA yang telah menunjuk Padang masuk dalam nominasi penerima penghargaan nasional APE ini. Semoga Padang dapat meraih penghargaan tersebut nantinya,” ujar Hendri Septa.


Plt Wako menyampaikan, salah satu perioritas pembangunan Kota Padang adalah mambangun sumber daya manusia yang berkualitas, termasuk didalamnya peningkatan partisipasi perempuan dan kesejahteraan keluarga dengan arah kebijakan diantaranya, meningkatkan peran kelembagaan dalam peningkatan kualitas hidup dan peningkatan gender dalam pembangunan di Kota Padang.


“Membangun sumber daya manusia yang berkualitas merupakan misi pertama dari tujuh misi Kota Padang sebagaimana juga tertuang dalam RPJMD Kota Padang dan rencana stategis OPD yang dilakukan melalui analisis gender. Maka oleh sebab itu konsen terhadap hal ini,” katanya.


Hendri juga menyampaikan verifikasi lapangan yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 


“Kita berharap apa-apa yang telah dipaparkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim verifikator untuk kita dapat meraih penghargaan, dan kepada seluruh warga Kota Padang mohon doa dan dukunganya,” harap Plt Wako.


APE merupakan penghargaan yang diberikan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak. Serta sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).


Hadir mendampingi Plt Wako Padang, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan yang diwakili Kepala Bappeda Kota Padang Medi Iswandi dan kepala BPKAD Budi Payan. Juga terlihat hadir, Kalaksa BPBD Barlius, Direktur Utama RSUD Kota Padang, dr. Herlin Sridiani, Ketua Komisi I DPRD kota Padang Elly Thrisyanti.


(eds)


loading...



×
Berita Terbaru Update