MSI dan PWI Sumbar Sepakat Adinegoro Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.933 375 31.678 741
sumber: corona.sumbarprov.go.id


MSI dan PWI Sumbar Sepakat Adinegoro Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Senin, 15 Maret 2021 | 23:45 WIB Last Updated 2021-03-15T21:06:24Z
Pengurus MSI dan PWI Sumbar saat membahas usulan Adinegoro menjadi Pahlawan Nasional di kantor PWI Sumbar, Jl. Bagindo Aziz Chan Padang, Senin 15 Maret 2021. (ist)

MJNews.id - Tak dapat dipungkiri, hasrat untuk menjadikan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional dari Sumatera Barat, sudah cukup lama diwacanakan. Gagasan itu muncul dari banyak pihak. Hanya saja, sampai saat ini keinginan itu baru sebatas wacana. 


Terbaru, wacana itu dimunculkan oleh Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Sumatera Barat. Dengan menggandeng PWI Sumatera Barat, MSI bertekad untuk mewujudkan rencana itu dan sepakat mengusulkan tokoh Pers asal Sawahlunto itu menjadi Pahlawan Nasional.


Rencana pengusulan tokoh Sumbar yang bernama asli Jamaluddin Datuak Maradjo Sutan ini mengemuka saat diskusi pengurus MSI Cabang Sumbar dengan Pengurus PWI Sumbar, Senin 15 Maret 2021, di kantor PWI Sumbar, Jl. Bagindo Aziz Chan Padang.


Dalam diskusi itu, pengurus MSI Sumbar dipimpin langsung Ketuanya, Dr Wannofri Samry, M.Hum didampingi Humas MSI, Emil Mahmud. Sementara dari PWI Sumbar, hadir Heranof Firdaus (Ketua), Basril Basyar (Ketua DKP), Widya Navies (Sekretaris) dan sejumlah pengurus lainnya Zulnadi, Jayusdi Efendi, Rusdi Bais dan Alwi Karmena.


Diskusi dua organisasi beda profesi ini menyepakati membentuk tim bersama dalam pengusulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.


“Kawan-kawan dari MSI silahkan membentuk tim dan masukkan kami dari PWI Sumbar untuk melakukan kegiatan terkait pengusulan Pelopor Pers Indonesia ini,” kata Heranof.


Pada prinsipnya, ujar Heranof, PWI Sumbar sudah lama sekali berhasrat mengajukan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional. “Saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, teman-teman dari PWI seluruh Indonesia sudah memunculkan wacana mengusulkan Adinegoro jadi Pahlawan Nasional,” papar Heranof.


Tetapi, lanjutnya, karena PWI tidak fokus mengurus usulan ini, sampai saat ini belum jadi diproses.


Dengan adanya inisiatif MSI Sumbar ini, kata Heranof, maka PWI Sumbar akan memberikan dukungan kepada MSI untuk segera mewujudkannya. "Intinya, PWI Sumbar sangat mendukung rencana ini," katanya.


Ketua MSI Sumbar, Dr Wannofri Samry menyampaikan inisiatif pengusulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional dilatarbelakangi oleh kontribusinya terhadap perkembangan Pers nasional dan pembentukan Bahasa Indonesia.


“Adinegoro selain dikenal sebagai Tokoh Pers juga dikenal sebagai penggagas pembentukan EYD Bahasa Indonesia, selain juga sebagai tokoh pergerakan nasional,” ujar Dosen Sejarah Universitas Andalas (Unand) Padang ini.

Berkaitan dengan itu, Wannofri meminta PWI Sumbar bersama-sama dengan MSI mewujudkan usulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional. 


Selain minta dukungan PWI Sumbar, menurut Wannofri, untuk merealisasikan rencana ini, akan dilibatkan banyak pihak, termasuk unsur-unsur dari perguruan tinggi serta pihak-pihak yang dinilai kompeten dalam hal ini. 

"Dengan banyaknya dukungan, Insya Allah rencana kita ini akan terwujud," ujarnya optimis.


(rls)


loading...



×
Berita Terbaru Update